Nikmatussa’adah, Umi (2020) Model Pengelolaan Program Unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MTs Negeri 4 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (861kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (721kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (930kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (912kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (690kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan tentang: (1) Langkah-langkah pengelolaan program unggulan tahfidz Al-Qur’an, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an, dan (3) Hasil program unggulan Tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Langkah-langkah pengelolaan program unggulan tahfidz Al-Qur’an terdiri dari: Perencanaan, rencana yang disusun meliputi menyusun komponen pembelajaran, menyusun anggaran biaya, menyusun sistem penilaian, dan membangun boarding. Pengorganisasian, Kepala madrasah memberikan tanggung jawab kepada Pak Junaidi sebagai ketua program, kemudian Pak Junaidi memberikan tugas kepada Bu Nur Azizah untuk mengelola program tahfidz bersama dengan pengelola lainnya sesuai bidangnya masing-masing, meliputi bendahara, guru tahfidz, dan wali kelas tahfidz. Pelaksanaan, sebelum siswa mengkuti bimbingan, siswa akan mengkuti tes BTQ untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam membaca Al-Qur'an, kemudian siswa mengikuti bimbingan tahfidz dengan alokasi waktu pembelajaran 13 jam selama lima hari, pembelajarannya menggunakan Metode wahdah dan muraja’ah dengan media mushaf Al-Qur’an Al-Hafiz dan Al-Qur’an Al-Wasim. Siswa mengulang hafalan menggunakan tiga teknik: Muraja’ah Berpasangan, Muraja’ah Sambung Ayat, dan Muraja’ah kepada guru tahfidznya masing-masing. Pengawasan, pengawasan dilakukan dengan memantau perkembangan hafalan dan memantau perolehan hafalan siswa melalui buku perolehan hafalan yang dibawa oleh guru tahfidz masing-masing. Evaluasi, penilaian hafalan siswa menggunakan tiga teknik: evaluasi harian, evaluasi setiap semester dan evaluasi tahunan/uji kompetensi hafalan. Penilaian hafalan siswa berdasarkan tiga kriteria penilaian: tajwid, tahfidz, dan makharijul huruf. (2) Faktor pendukung program unggulan Tahfidz Al-Qur’an diantaranya: guru tahfidz yang sudah hafal 30 juz, penggunaan media mushaf Al-Qur’an Al-Wasim untuk mempermudah hafalan Al-Qur’an, dan tempat belajar yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat program unggulan Tahfidz Al-Qur’an diantaranya: siswa kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an, kurangnya pemantauan terhadap siswa, dan siswa kurang disiplin dalam menyetorkan hafalan. (3) Hasil yang dicapai oleh siswa kelas VII rata-rata sudah hafal 1 juz dan yang sudah menghafal 2 juz ada 4 siswa, untuk kelas VIII Tahfidz rata-rata sudah hafal 3 juz dan yang sudah menghafal 4 juz ada 2 siswa. Sedangkan kelas IX Tahfidz ada 3 siswa yang sudah menghafal 4 juz dan 1 siswa sudah menghafal 5 juz.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Program Unggulan, Tahfidz Al-Qur’an. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 07:43 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 07:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3614 |
Actions (login required)
View Item |