Arifah, Niswatul (2020) Implementasi Pendidikan Kepramukaan Dan Relevansingan Dengan Pendidikan Agama Islam Di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (435kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (361kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (793kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (957kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (524kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (542kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian antara kegiatan pendidikan kepramukaan dengan pendidikan agama Islam di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di madrasah tersebut dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah, pembina pramuka, guru pendidikan agama Islam (PAI), dan seluruh peserta didik kelas X dan XI, yang juga sebagai anggota pramuka pada tingkat penegak bantara, penegak laksana, dan penegak garuda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Observasi dengan pengamatan secara langsung pada kegiatan pendidikan kepramukaan di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus.Wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, pembina pramuka, guru PAI, dan anggota Dewan Ambalan Siti Khodijah.Dan dokumentasi baik foto mapun data tentang kegiatan kepramukaan yang diperoleh dari pembina pramuka dan anggota Dewan Ambalan Hasyim Asy’ari-Siti Khodijah. Hasil penilitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan kepramukaan telah relevan dengan bahan kajian pendidikan agama Islam pada mata pelajaran fikih, qur’an hadits, dan akidah akhlak. Pada golongan penegak, setiap individu harus mampu mengarahkan tujuan hidupnya kepada sesuatu yang bermanfaat, bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga kepada lingkungan masyarakat.Implementasi kegiatan pramuka di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus diwujudkan dalam bentuk kegiatan rutin yang dilaksanakan pada hari Rabu dan diisi dengan materi keagamaan (pembacaan maulid Nabi dan Isra’ Mi’raj), kegiatan perkemahan penegak, dan pelaksanaan bhakti lingkungan dan bhakti sosial.Secara tidak langsung tujuan umum dari pendidikan telah tercapai melalui kegiatan kepramukaan.Selain itu, pendidikan kepramukaan memiliki misi membentuk pribadi yang berbudi luhur dan berguna masyarakat, agama, nusa, dan bangsa.Dengan demikian, dari penelitian ini dapat diperoleh hasil bahwa Implementasi Pendidikan Kepramukaan di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus telah sesuai dengan Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendidikan Kepramukaan dan Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 03:48 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 03:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3617 |
Actions (login required)
View Item |