Alfian, Fajri (2020) Peran Murobbi dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Islamic Boarding School Baitussalam Semarang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (735kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (505kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (777kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (479kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
Abstract
Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research), yang mencoba meneliti proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an di Islamic Boarding School Baitussalam Semarang, peran murobbi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa dan faktor-faktor pendukung dan penghambat murobbi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menguak kualitas sesuatu, keganjilan-keganjilannya dan karakter esensialnya. Penelitian ini dilaksanakan di Islamic Boarding School Baitussalam Semarang, pada bulan Desember 2019 sampai Februari 2020. Subyek penelitian ini adalah murobbi. Sedangkan informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru tahfidz, murobbi dan siswa-siswanya. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, model data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang “Peran Murobbi dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa di Islamic Boarding School Baitussalam Semarang.” Murobbi telah berperan dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa. Ada empat peran murobbi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa, yaitu: 1) Membimbing dan mendidik siswa agar mampu memahami pentingnya menghafal Al-Qur’an, serta menyadarkan siswa supaya memiliki niat menghafal semata-mata karena Allah Swt. 2) Memahami kepribadian setiap masing-masing siswa, untuk mencari cara dan metode apa yang akan digunakan dalam mengajar dan membimbing siswa agar dapat menghafal Al-Qur’an dengan mudah dan cepat, kemudian membantu menyelesaiakan masalah yang dihadapi siswa. 3) Mengontrol hafalan yang dimiliki siswa, mengontrol apakah ada peningkatan atau penurunan dalam hafalan siswa, dan mengawasi kegiatan siswa setiap hari. 4) Memotivasi siswa agar selalu bersemangat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, memotivasi ketika siswa sedang malas menghafal Al-Qur’an, dan memotivasi siswa agar mampu mencapai target yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Murobbi, Bimbingan, Menghafal Al-Qur’an. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 04:14 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 04:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3621 |
Actions (login required)
View Item |