Implementasi Program Tahfidz Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Rembang

Fajri, Fita Nurul (2020) Implementasi Program Tahfidz Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN 2 Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (477kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (833kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (431kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Tahfidz di MAN 2 Rembang, untuk mengetahui karakter peserta didik yang ada di MAN 2 Rembang, untuk mengetahui peran pendidikan pada Program Tahfidz terhadap pembentukan karakter di MAN 2 Rembang. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan, pendekatannya kualitatif dan sifatnya deskriptif. Disini peneliti menggunakan Purposive Sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel dari sumber data dengan pertimbangan tertentu. Oleh karena itu peneliti mewawancarai Kepala Madrasah, Koordinator Program Tahfidz, Pembimbing Tahfidz dan juga peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Pelaksanaan Program Tahfidz yang dijalankan di MAN 2 Rembang dilaksanakan 1 jam untuk materi PAI dan 1 jam untuk setoran yaitu pada hari senin sampai jum’at. 2) Peserta didik membiasakan untuk selalu berperilaku sesuai dengan ajaran agama islam. 3) Pembentukan karakter di MAN 2 Rembang dikatakan bahwa hampir 18 nilai-nilai karakter diimplementasikan melalui pembelajaran Tahfidz Al Qur’an, akan tetapi ada beberapa yang dominan diantaranya: religius, jujur, disipin, kerja keras, gemar membaca, kreatif, tanggung awab, peduli sosial dan menghargai prestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pada awalnya Program Tahfidz ini hanya muatan lokal yaitu pada tahun 2015, 2016, 2017 dan pada tahun 2018, 2019 sampai sekarang sudah menjadi mapel resmi. 2) Peserta didik bisa menjadi mengerti arti tanggung jawab terhadap hafalannya, terbiasa disiplin, perilakunya lebih terjaga, mempunyai tanggung jawab untuk menambah setoran minimal 1 wajah perharinya dan minimal seperempat juz atau 5 wajah perharinya untuk muroja’ah kepada temannya. 3) Peserta didik bisa betul-betul menjiwai nilai Al Qur’an dan teraplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Tahfidz, Karakter Peserta Didik
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:10
Last Modified: 03 Mar 2021 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3630

Actions (login required)

View Item View Item