Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Ulum Sukosono Kedung Jepara Tahun Ajaran 2019/2020

Arifatun, Siti (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Ulum Sukosono Kedung Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (995kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (999kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (409kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII. 2) Untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan kognitif siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Ulum Sukosono Kedung Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian True Experimental Design (eksperimen yang betul-betul) dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan eksperimen di MTs Miftahul Ulum Sukosono yakni ruang lingkup kelas VII. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas, kemudian di uji lagi dengan uji statistik menggunakan uji t (independent sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk kategori sangat baik, hasil ini dapat dilihat dari hasil t hitung sebesar 7,435. Artinya pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here sangat mempengaruhi kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 90,66 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 76,88. Maka hipotesis yang peneliti ajukan benar-benar terdapat pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here, Kemampuan Kognitif Siswa, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2021 06:52
Last Modified: 10 Mar 2021 06:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3644

Actions (login required)

View Item View Item