Annas, Choirul (2020) Manajemen Pembinaan Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’ahid Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - kata pengantar (pdf).pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak (pdf).pdf Download (285kB) |
|
Text
3. Daftar isi (pdf).pdf Download (299kB) |
|
Text
4. Bab I (pdf).pdf Download (449kB) |
|
Text
5. Bab II (pdf).pdf Download (825kB) |
|
Text
6. Bab III (pdf).pdf Download (335kB) |
|
Text
7. Bab IV (pdf).pdf Download (766kB) |
|
Text
8. Bab V (pdf).pdf Download (386kB) |
|
Text
9. Daftar pustaka (pdf).pdf Download (387kB) |
Abstract
Akhlak bagi peserta didik sangat dipentingkan untuk mengaplikasikan nilai-nilai Islam. Melalui manajemen pembinaan akhlak, peserta didik akan lebih terkontrol dalam memperbaiki akhlak sesuai dasar Al-Qur’an dan Sunnah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penerapan manajemen pembinaan akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’ahid Kudus, dan (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan manajemen pembinaan akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah Ma’ahid Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh berupa kalimat. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah (1) Manajemen pembinaan akhlak dilakukan dengan maksimal oleh para pendidik dengan menjalankan sesuai prosedur dan tupoksi masing-masing. (2) Peserta didik senantiasa patuh terhadap pembinaan yang dilakukan oleh pendidik. Hal ini karena adanya faktor keseriusan pendidik dalam melaksankan manajemen. (3) Peserta didik yang masih sulit dikontrol akan menjadi sorotan para pendidik saat adanya evaluasi dan juga dikomunikasikan juga dengan orang tua / wali peserta didik. (4) Baiknya akhlak peserta didik baik didalam madrasah menurut penilaian pendidik atau penilaian masyarakat ditempat PDL menjadi sorotan keberhasilan dalam pelaksanaan manajemen. Peneliti telah menemukan temuan dan implikasinya dalam penelitian ini. Terutama dalam manajemen yang dilakukan. Peneliti menemukan suksesnya manajemen yang dilakukan oleh pendidik di Madrasah Aliyah Ma’ahid adalah adanya SDM yang baik. Bisa dikatakan baik karena masing-masing yang bertugas berjalan sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Sehingga dalam runtutan pelaksanaan manajemen berjalan sempurna. Implikasinya adalah menuju keberhasilan manajemen dalam mencapai tujuan, yaitu menciptakan peserta didik menjadi pribadi yang sholih dan muslih. Hal ini bisa dilihat pada aktifitas hariannya meliputi sikap, ibadah, dan kemampuannya dalam berdakwah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembinaan dan Akhlak |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 01:41 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 01:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3684 |
Actions (login required)
View Item |