Penerapan Ekstrakurikuler CALISTUNG (Membaca, Menulis, Berhitung) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun 2019/ 2020

Ulya, Ela Salsabila (2020) Penerapan Ekstrakurikuler CALISTUNG (Membaca, Menulis, Berhitung) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun 2019/ 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.....pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (305kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (393kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)

Abstract

Permasalahan kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas 1 di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus ialah kesulitan dalam kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa kelas 1 yang masih rendah. Melihat permasalahan yang ada maka diperlukan adanya perbaikan yaitu dengan mengadakan ekstrakurikuler CALISTUNG (membaca, menulis, berhitung) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan yang bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana penerapan ekstrakurikuler CALISTUNG (membaca, menulis, berhitung) terhadap hasil belajar siswa pada kelas 1 di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. 2) untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penerapan ekstrakurikuler CALISTUNG (membaca, menulis, berhitung) pada kelas 1 di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus. Pendekatan yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu berupa wawancara dengan guru kelas 1 sekaligus guru yang mengajar dalam pembelajaran ekstrakurikuler CALISTUNG, guru agama dan kepala Madrasah. Sedangkan observasi dilakukan pada peserta didik kelas 1 yang mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler CALISTUNG. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: 1) Penerapan ekstrakurikuler CALISTUNG (Membaca, Menulis, Berhitung) terhadap hasil belajar siswa pada kelas 1 di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun 2019/2020 yaitu Kegiatan ekstrakurikuler CALISTUNG dilaksanakan pukul 10.00 WIB sampai jam 11.00 WIB setelah kegiatan belajar mengajar biasa. Setelah diadakannya ekstrakurikuler CALISTUNG kemampuan siswa dalam membaca, menulis dan berhitung menjadi lebih baik dilihat dari pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah ibu Eka Damayanti, S.Pd sampaikan. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil ulangan harian siswa yang semakin baik sehingga dapat meningkatkan hail belajar siswa kelas 1. 2) Kelebihan dan kekurangan penerapan ekstrakurikuler CALISTUNG (Membaca, Menulis, Berhitung) pada kelas 1 di MI NU Istiqlal Ploso Jati Kudus Tahun 2019/2020 yaitu Kelebihannya setelah diadakan ekstrakurikuler CALISTUNG siswa yang semula belum bisa membaca, menulis, berhitung menjadi lebih faham serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan kelemahannya yaitu waktunya kurang mencukupi karena hanya 1 jam saja dan siswa yang ingin cepat pulang tetapi kelemahan tersebut dapat diatasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler CALISTUNG, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:24
Last Modified: 19 Mar 2021 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item