Muna, Fauzul (2020) Implementasi Metode Pembelajaran Tahfidh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an 2 Muria. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER .pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (427kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (609kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (689kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (463kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (362kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses metode pembelajaran tahfidh di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria dan faktor penghambat dan pendukung santriyah dalam belajar dan mengahafal Alqur’an di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif, dimana penulis memaparkan data dari beberapa pendapat yang relevan dari berbagai sumber kemudian menganalisisnya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun uji kredibilitas data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ditempuh dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pembelajaran tahfidz al qur’an di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria ini sudah baik. Ini dapat diketahui dari prestasi yang dicapai dan proses kegiatan yang dilaksanakan oleh santri dan usaha pengasuh maupun ustadzah yang selalu membimbing dan mendidik kepada para santri agar sesuai dengan tujuan Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh pengasuh maupun ustadz dan ustadzah yang selalu berusaha memberi arahan dan bimbingan kepada semua santri dengan pembelajaran yang diterapkan oleh Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria.Menghafal Alqur’an merupakan bentuk kegiatan yang menjadi pembelajaran inti di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, kegiatan ini berupa pengajaran, pembinaan, dan pembimbingan dalam segi tahfidz (hafalan) Alqur’an; 2) Faktor pendukung pembelajaran tahfidz al Qur’an di Pondok Tahfidz Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria adalah motivasi berkala yang diberikan oleh pengasuh ataupun ustadzah pengajar tahfizh, semangat dan antusias santri. Niat yang benar, ta’dzim kepada guru dan ilmu, patuh pada tata tertib atau disiplin dan sikap dan karakter daripada ustadzah, sedangkan faktor penghambatnya adalah niat yang masih kurang pas, SDM ustdzah yang rendah, rasa malas dan waktu yang cukup sedikit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Tahfidz, Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an 2 Muria |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 02:27 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 02:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3691 |
Actions (login required)
View Item |