ANALISIS BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) AKAD WADIAH YAD DHAMANAH PADA KSPPS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG JUWANA

Indah, Puspita (2016) ANALISIS BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) AKAD WADIAH YAD DHAMANAH PADA KSPPS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG JUWANA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover (PDF).pdf

Download (576kB)
[img] Text
2. Abstrak (PDF).pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. Daftar isi (PDF).pdf

Download (256kB)
[img] Text
4. BAB I (PDF).pdf

Download (498kB)
[img] Text
5. BAB II (PDF).pdf

Download (674kB)
[img] Text
6. BAB III (PDF).pdf

Download (201kB)
[img] Text
7. BAB IV (PDF).pdf

Download (459kB)
[img] Text
8. BAB V (PDF).pdf

Download (186kB)
[img] Text
9. Daftar pustaka (PDF).pdf

Download (353kB)

Abstract

KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Juwana terletak di komplek pasar Juwana. BMT ini merupakan lembaga keuangan non bank dengan prinsip syariah yang mempunyai tugas pokok menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan kepada masyarakat berdasarkan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk. 1) Mengetahui bagaimana bauran pemasaran (marketing mix) produk simpanan akad wadiah yad dhamanah pada KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Juwana. 2) Mengetahui kendala-kendala dan cara penyelesaiannya yang dihadapi oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Juwana dalam bauran pemasaran (marketing mix) produk simpanan Akad Wadiah Yad Dhamanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research. Dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diambil melalui dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan sebagai berikut: bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera cabang Juwana dalam memasarkan produk simpanan Si Sidik yang berdasarkan akad wadiah yad dhamanah yaitu melalui elemen-elemen yang ada dalam marketing mix yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi) atau yang bisa kita sebut dengan 4P. Dengan dilakukannya bauran pemasaran atau marketing mix yang tepat maka bisa mempengaruhi masyarakat dan menarik minat untuk menjadi anggota di KSPPS BMT BUS cabang Juwana. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk simpanan Si Sidik yaitu kurangnya sumber daya manusia, kurangnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi, dan adanya pesaing lain. Berdasarkan data bahwa Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wat Tamwil Bina Ummat Sejahtera Cabang Juwana dalam penerapan strategi pemasaran telah berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran (marketing mix); Akad Wadiah Yad Dhamanah
Subjects: Fiqih > Mu`alamat
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amd Yuyun Yuyun
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:05
Last Modified: 04 Feb 2017 05:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item