Implementasi Pembelajaran Asertivitas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IX di MTs Miftahul Huda Brakas Dempet Demak

Fitriyah, Dina Nafisatul (2020) Implementasi Pembelajaran Asertivitas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IX di MTs Miftahul Huda Brakas Dempet Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER TANPA ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (424kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan ketidak efektifan pembelajaran fiqih sehingga menjadikan peserta didik tidak semangat dan pasif dikarenakan antara lain dengan kuragnya minat belajar siswa serta minimnya pengetahuan yang dimiliki, bahkan metode ceramah yang menjadikan acuan hilangnya semangat belajar peserta didik. Padahal kurikulum 2013 yang diterapkan pada jenjang pendidikan sekarang menuntut siswa untuk berperan aktif, kreatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pembelajaran yang menyenangkan sehingga mampu membangkitkan gairah belajar peserta didik guna mengembangkan potensi, pengetahuan agar tercapai sebuah tujun pembelajaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai Implementasi Pembelajaran Asertivitas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas IX di MTs Miftahul Huda Brakas Dempet Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis teknik penelitian lapangan pada kelas IX A dan IX B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya menggunakan uji kreadibilitas data yang meliputi meningkatkan ketekunan, tringulasi, dan member chek. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran asertivitas dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Dengan implementasi pembelajaran asertivitas dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Bentuk implementasi disini berupa penerapan pembelajaran yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan gairah belajar peserta didik, dengan diskusi sehingga terjadi kontribusi pengetahuan yang dimiliki, serta terjadi komunikasi sosial, dengan praktik siswa mampu mendemonstrasikan prilaku asertif dan masih dalam materi pelajaran, agar terjadi pembelajaran dengan senyaman-nymannya. Pembelajaran asertivitas telah dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik dengan harapan agar peserta didik dapat menggali pengetahuan secara maksimal agar tercapai sebuah tujuan pembelajaran sebagai bekal kelak menjadi orang yang cerdas, aktif, dan kreatif sehingga menjadi orang yang berhasil berguna bagi nusa dan bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran asertivitas, Berfikir Kritis, Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:17
Last Modified: 24 Mar 2021 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3715

Actions (login required)

View Item View Item