PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA SANTRI MELALUI ENTREPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN AL-ASHRIYYAH NURUL IMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL PARUNG-BOGOR.

Prayitno, Prima (2016) PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA SANTRI MELALUI ENTREPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN AL-ASHRIYYAH NURUL IMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL PARUNG-BOGOR. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abtrak.pdf

Download (6MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (11MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (13MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (15MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (17MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (19MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (21MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai watak kemandirian, baik dalam hal penyelenggaraan pendidikan maupun pendanaan, banyak pesantren yang mampu menyelenggarakan pendidikan dengan baik sekaligus memberdayakan santri-santrinya. Penelitian ini menerangkan bahwa pemberdayaan entrepreneurship santri yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School adalahmeningkatkankemampuanskill santri sehinggamengalami peningkatan kualitas dan adaptif terhadap perkembangan lingkungan, potensi yang perlu diperkembangkan adalah potensi santri yang dididik berjiwa wirausaha untuk bekal dimasa yang akan datang. Sehingga kualitas seorang santri yang lama belajar dalam lingkup pesantren bisa menunjukkan kemampuannya sendiri dengan mandiri dan hasil jerih payah tangannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) degan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di pondok pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung-Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara formal dan informal, dan dokumentasi, Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Untuk menganalisis data menggunakan analisis data interaktif, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam pemberdayaannya, bahwa santri mahasiswa/i yang sudah selesai melaksanakan studinya sebagai sarjana, mereka diwajibkan mengabdi selama dua tahun. Dalam tahapan pemberdayaan melalui Input, Proses pelaksanaan dan Output, (2) Bahwasanya tiga elemen burupa bidang Pendidikan, bidang Kewirausahaan dan idang kewirausahaan yang ada di pesantren merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Aktifitas manajemen dimulai dari Perencanaan, Pengorgnisasian, Pengarahan dan Pengendalian (3) Faktor kendala yang menghambat berjalannya kegiatan ditiap-tiap unit kewirausahaan diantaranya adalah: Adanya kerusakan alat untuk pelaksanaan produksi, Dalam penganggaran barang yang belum terealisasi dikarenakan ada kebutuhan pondok yang lebih diutamakan, Faktor lingkungan baik secara internal maupun eksternal, sedangkan faktor pendukungnya adalah: Terpenuhinya Sumber Daya Santri, Niat Tulus Mengabdi (ikhlas), Motivasi Pimpinan atau Pengasuh (kyai), Bangga Dengan Hasil Karya Sendiri, Sarana Yang Memadahi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayan; Entrepreneurship dan Santri Pondok Pesantren
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:02
Last Modified: 04 Feb 2017 05:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item