Supevisi Akademik Pengawas Madrasah Kementerian Agama Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru PAI di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak

Aulia, Aina (2020) Supevisi Akademik Pengawas Madrasah Kementerian Agama Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru PAI di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (715kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Skripsi ini membahas supervise akademik pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak. Kajiannya dilatarbelakangi dengan adanya upaya perbaikan-perbaikan atau pembaharuan perkembangan dalam dunia pendidikan. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervise akademik pengawas Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru PAI di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak ?, (2) Bagaimana faktor-faktor penghambat pengawas Kementerian Agama dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik; a) Perencanaan supervisi akademik pengawas madrasah dari aspek perencanaan program tahunan yang disusun oleh Pokjawas di Kabupaten/Kota melalui diskusi terprogram,namun jadwal pelaksanaan supervisi akademik bersifat kondisional; b) Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dilaksanakan dengan instrument supervisi kelas yang dilakukan dengan observasi secara langsung di kelas; c) Evaluasi dan tindak lanjut program supervisi akademik dilaksanakan setelah observasi proses pembelajaran di kelas ataupun melalui forum MGMP PAI. 2) Hambatan yang dialami pengawas dalam supervise akademik adalah kurangnya tenaga pengawas PAI, banyaknya guru dan sekolah binaan serta keterbatasan waktu sehingga hanya guru PAI yang sudah sertivikasi saja yang disupervisi. Sedangkan solusi dari kendala tersebut adalah dengan memberlakukan kebijakan baru dari pengawas madrasah yaitu guru PAI yang sudah sertivikasi dan PNS mendapat pembinaan pada semester ganjil, sedangkan semester genap untuk guru rumpun PAI yang belum sertivikasi atau non PNS. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi, masukan bagi pengawas, kepala Madrasah dan guru rumpun mata pelajaran PAI dalam meningkatkan profesionalismenya agar mutu pendidikan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Profesionalisme
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:43
Last Modified: 31 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item View Item