Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Program Adiwiyata di MA Keterampilan Al-Irysad Gajah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020

Izah, Atik Musmirotul (2020) Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Program Adiwiyata di MA Keterampilan Al-Irysad Gajah Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (995kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (788kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)

Abstract

Usaha pelestarian alam yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah melalui program Adiwiyata. Program lingkungan hidup ini salah satunya bekerja sama dengan pendidikan di Indoneseia, karena penanaman kebiasaan yang paling baik adalah melalui pendidikan sejak dini. Meskipun program ini sudah banyak peminatnya, tetapi program ini masih dipandang sebagai program yang jauh hubungannya dengan pendidikan Islam. Padahal kegiatan pelestarian lingkungan ini jelas merupakan hal yang sangat diperintahkan di dalam ajaran Islam sendiri. Melalui penelitian ini, peneliti berusaha untuk mencari dan menunjukkan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam beberapa kegiatan Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan program Adiwiyata di MA Al-Irsyad Gajah Demak; 2) mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam pada program Adiwiyata di MA Al-Irsyad Gajah Demak; 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat program Adiwiyata di MA Al-Irsyad Gajah Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode pendekatan kualiatatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan gabungan. Pengambilan atau penentuan sumber data dilakukan dengan Teknik purposive sampling. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunujukan bahwa: 1) Pelaksanaan program Adiwiyata di MA Al-Irsyad Gajah Demak dilaksanakan secara partisipatif dan melibatkan peran serta seluruh warga sekolah dan mitra instansi terkait pengelolaan lingkungan. Program tersebut disosialisasikan kepada kepada seluruh warga sekolah. Pelaksanaan program tersebut sesuai dengan empat komponen yaitu pengembangan kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berwawasan lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Madrasah membuat program-program yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan berbudaya lingkungan. Program itu adalah perumusan visi, misi berbudaya lingkungan, implementasi kurikulum berwawasan lingkungan secara integralistik, program pengelolaan sampah (bank sampah), ahad bersih, penngelolaan layanan kantin sekolah; 2) Nilai-nilai pendidikan Islam pada program Adiwiyata di MA Al-Irsyad Gajah Demak antara lain: a. tanggungjawab; b. solidaritas; e. peduli terhadap lingkungan; 3) Faktor pendukung pelaksanaan program Adiwiyata di MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah meliputi a. Sumber Daya Manusia (SDM) dan Komitmen semua warga madrasah; b. Sarana dan prasarana; c. Monitoring serta evaluasi terhadap pelaksanaan program Adiwiyata, sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program Adiwiyata di MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah meliputi: a. kurang maksimalnya sistem yang berlaku; b. cuaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan Islam, program Adiwiyata
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:55
Last Modified: 31 Mar 2021 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3754

Actions (login required)

View Item View Item