Pelaksanaan Bimbingan Life Skill dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Mahasiswa di Unit Kegiatan Khusus Koperasi Mahasiswa IAIN Kudus

Hayyat, Nahrul Faridatul (2020) Pelaksanaan Bimbingan Life Skill dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Mahasiswa di Unit Kegiatan Khusus Koperasi Mahasiswa IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (807kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)

Abstract

Mahasiswa umumnya berada dalam masa remaja, yang mana memiliki gejolak emosi dan pencarian jati diri. Jika mendapat penyaluran yang tepat maka akan menghasilkan kreativitas dan berperan secara efektif dalam kehidupan. Bimbingan life skill dalam mengembangkan bakat dan minat menjadi salah satu solusi keadaan tersebut. Sehingga penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan life skill dalam mengembangkan bakat dan minat, menemukan perbedaan kondisi antara sebelum dan setelah diberikannya bimbingan, dan faktor pendukung maupun penghambat serta tindakan penyelesaian ketika menghadapi hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sebuah pendekatan dengan menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan karena rumusan masalah hanya dapat dijawab dengan sumber data utama yang ada di lapangan. Informan penelitian terdiri dari 1 Pengawas, 1 Kabid PSDA, dan 5 Mahasiswa. Data tentang bimbingan life skill dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa dikumpulkan dengan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKK KOPMA IAIN Kudus melaksanakan bimbingan life skill dalam mengembangkan bakat dan minat desain, tari, essay, public speaking, jurnalistik, fotografi, bisnis, futsal, dan badminton. Metode yang digunakan yaitu metode langsung dan tidak langsung serta metode individu dan metode kelompok. Sehingga delapan puluh persen mahasiswa yang mengikuti bimbingan di UKK KOPMA IAIN Kudus dikatakan telah mengalami perubahan. Keadaan mahasiswa yang semula kurang antusias terhadap lingkungan sosial dan tidak memahami dirinya sendiri menjadi memiliki pribadi yang siap menghadapi situasi dan kondisi apapun dan siap berkembang. Faktor pendukung pada bimbingan life skill tersebut antara lain kemauan, pembimbing yang berpengalaman, dan sarana. Adapun faktor penghambatnya yaitu ketidaksediaan, lingkungan kurang mensuport, dan kurangnya sarana pada sebagian bidang bimbingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Life Skill, Bakat dan Minat, Mahasiswa, KOPMA IAIN Kudus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:09
Last Modified: 31 Mar 2021 03:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3757

Actions (login required)

View Item View Item