Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas III MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018

Efriyani, Vera Alvenia (2018) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas III MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif animasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus, mengetahui perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen setelah menggunakan media interaktif animasi di MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dapat menguji secara benar hipotesis menyangkut hubungan kausal (sebab akibat). Data yang akan diteliti dengan kuantitatif dalam penelitian ini adalah data tentang media pembelajaran interaktif animasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas III A sebanyak 24 siswa dan kelas III B sebanyak 26 siswa. Jadi jumlah keseluruhan sebanyak 50 siswa, kemudian diambil seluruh sampel sebesar 50 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu dengan mengadakan perhitungan nilai angka tentang penerapan media pembelajaran interaktif animasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus dengan menggunakan rumus Uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan dari penerapan media pembelajaran interaktif animasi pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus tahun pelajaran 2017/2018 dalam kategori baik dengan rata-rata 86,67. Dan hasil penelitian bersifat random karena nilai asymptotic significant untuk media Animasi lebih besar dari alpha (0,05). 2) Pelaksanaan dari penerapan media gambar kelas III di MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam kategori cukup baik adalah dengan rata-rata 73,65. Dan hasil penelitian bersifat random karena karena nilai asymptotic significant untuk media gambar lebih besar dari alpha (0,05). 3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif IPA setelah dilaksanakannya posttest yaitu hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi setelah diberi perlakuan media pembelajaran Interaktif Animasi dibandingkan dengan pemberian perlakuan media gambar pada kelas kontrol. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran interaktif animasi berkontribusi meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III dalam pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interaktif Animasi, Hasil Belajar Kognitif, IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Mar 2021 04:05
Last Modified: 31 Mar 2021 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item