Jannah, Miftahul (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa MTs Negeri 4 Demak Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah Di Masjid. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (819kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (922kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (449kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (470kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan dan menganalisis tentang: (1) Untuk mengetahui tahapan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter siswa di MTs Negeri 4 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui pembiasaan sholat berjamaah di Masjid. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter siswa di MTs Negeri 4 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui pembiasaan sholat berjamaah di Masjid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini penulis mengambil lokasi di MTs Negeri 4 Demak. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni meningkatkan ketekunan, triagulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui sholat berjamaah di masjid berlangsung melalui beberapa tahapan yakni. Pertama, Tahap Transformasi nilai yaitu proses penerimaan nilai. Kedua, Tahap Transaksi nilai yaitu proses merespon nilai. Ketiga, Tahap Trans-internalisasi yaitu proses penghayatan nilai yang kemudian diaktualisasikan. Faktor penghambat pelaksanaan internalissi nilai-nilai pendidikan karakter melalui sholat dhuhur berjamaah dibagi menjadi dua yakni faktor internal (keadaan dari dalam diri guru dan siswa) dan faktor eksternal (keadaan dari luar guru dan siswa). Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui sholat dhuhur berjamaah yaitu pengawasan dan penegakan aturan yang konsisten, keteladanan guru, banyak motivasi dan fasilitas mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pembiasaan Sholat Dhuhur Berjamaah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 02:10 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 02:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3769 |
Actions (login required)
View Item |