Implementasi Media Pembelajaran Lagu Islami dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Tamama, Nadia (2020) Implementasi Media Pembelajaran Lagu Islami dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Judul-digabungkan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (805kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (959kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (994kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (870kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (915kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk mengembangkan nilai agama dan moral. Salah satu dari media itu adalah lagu yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai agama dan moral dalam proses implementasi media lagu Islami, menganalisis implementasi media pembelajaran lagu Islami, serta mendeskripsikan faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi media pembelajaran lagu Islami dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Field Research yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara objektif atau studi lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi standar kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: data reduction, data display, dan conclusion drawing (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan materi pendidikan, salah satunya menggunakan media pembelajaran lagu Islami. Pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini mengacu indikator perkembangan pada aspek nilai agama dan moral. 2) Implementasi media pembelajaran lagu Islami meliputi beberapa tahapan, yaitu mendengarkan lagu Islami, bernyanyi bersama-sama, dan guru menjelaskan tentang isi lagu tersebut. Aspek perkembangan nilai agama dan moral dapat dikatakan telah berhasil dicapai apabila anak dapat mengenal Tuhan melalui ciptaan-Nya dan seterusnya. 3) Faktor pendukung antara lain: konsentrasi anak yang bagus, guru kreatif dan inovatif, sarana dan prasarana memadai, orang tua yang aktif dalam kegiatan di rumah. Faktor penghambat, yaitu konsentrasi anak kurang, sarana dan prasarana kurang, minimnya koleksi lagu Islami, kurangnya informasi kepada orang tua. Solusi untuk mengatasi faktor penghambat, antara lain memusatkan perhatian anak, menambah koleksi lagu Islami melalui browsing internet, mengikuti pelatihan cipta lagu, dan mencipta lagu sendiri, membagikan lagu-lagu Islami kepada orang tua mendokumentasikan lagu, memperbaiki dan menambah sarana prasarana yang mendukung implementasi media pembelajaran lagu Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Media Pembelajaran, Lagu Islami, Nilai Agama, Moral Anak Usia Dini
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Apr 2021 06:42
Last Modified: 01 Apr 2021 06:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item