Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Melalui Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) pada Siswa Kelas II MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus

Markhumah, Umatul (2020) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Melalui Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) pada Siswa Kelas II MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover - kata pengantar kecuali abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (127kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (615kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Membaca menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa karena membaca menjadi dasar penguasaan bidang studi. Siswa yang dapat membaca dengan baik dan lancar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik pula, sebaliknya siswa yang mengalami kesulitan membaca akan kesulitan dalam menguasai pelajaraan sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditentukan tidak dapat tercapai. Kesulitan membaca yang dialami oleh siswa harus diatasi sedini mungkin agar siswa dapat menguasai bidang studi dan dapat melanjutkan pada tahap membaca selanjutnya. Maka dari itu, setiap guru harus mengetahui karakteristik setiap siswanya dan melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan membaca yang dialami oleh siswa. Metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) menjadi suatu upaya yang dipilih oleh guru untuk mengatasi kesulitan membaca siswa. Metode ini merupakan metode membaca permulaan yang terdiri dari tiga tahap yaitu struktural, analisis dan sintetik. Melalui metode ini siswa mengetahui susunan bahasa yang paling dasar. Siswa dikenalkan pada kalimat, kata, suku kata dan huruf-huruf sehingga belajar membaca lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Bentuk-bentuk kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas II. (2) Penerapan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) pada siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas II. (3) Kendala yang dialami dan solusi yang ditempuh oleh guru dalam menerapkan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) pada siswa yang mengalami kesulitan membaca di kelas II MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Sumber data primer meliputi Kepala MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus, guru kelas II dan siswa kelas II. Sumber data sekunder meliputi dokumen yang berkaitan dengan MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus, RPP serta foto tentang pelaksanaan metode SAS (Struktural Analisis Sintetik) untuk mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability.Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru, Metode SAS (Strukktural Analisis Sintetik), Kesulitan Membaca, Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:21
Last Modified: 01 Apr 2021 07:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item