Implementasi Metode Gasing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVdi Mi Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Khotimah, Nurul (2020) Implementasi Metode Gasing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVdi Mi Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (553kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (668kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (461kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB)

Abstract

Matematika tak pernah lepas dari kehidupan manusia baik diluar maupun di dalam sekolah, pembelajaran matematika disekolah kebanyakan hanya bersifat mononton dan kaku, sehingga diperlukan sebuah metode dalam penelitian pembelajaran salah satunya metode Gasing sebagai metode dalam penelitian ini, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan implementasi mtode gasing dalam meningkatkan pemahaman matematika kelas IV (2) faktor pendukung dan faktor penghambat metode gasing dalam meningkatkan pemahaman matematika kelas IV MI Miftahul Huda. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua guru mapel matematika dan 3 siswa yang terindikasi kesulitan belajar matematika. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis penelitian menyimpulkan bahwa (1) pemahaman peserta didik kelas IVdalam menggunakan metode gasing di MI Miftahul Huda menunjukan hasil yang positif dengan dibuktikan bahwa nilai peserta didik meningkat ynag awalnya 6 menjadi 8. Hal tersebut berarti materi yang disampaikan dapat diserap dan dipahami oleh peserta didik dengan baik. dukungan kepala sekolah, motivasi siswa dan sarana prasarana sedangkan faktor penghambat adalah rendahnya hafalan rumus peserta didik, (2) kendala yang dihadapi rendahnya hafalan rumus peserta didik serta sarana prasarana media pembelajaran atau alat peraga sesuai yang dimiliki madrasah jumlahnya terbatas, sehingga siswa tidak maksimal dalam pengguanaan alat tersebut, solusi dalam mengatasi pemahaman belajar matematika dapat dilakukan dengan cara guru untuk mengajarkan matematika dengan metode gasing, sehingga dalam melaksanakan pembelajaran matematika peserta didik diberiakan yel-yel agar lebih semangat dalam proses pembelajaran merasa senang dan tidak monoton serta motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Gasing, Pemahaman, Matematika.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:53
Last Modified: 06 Apr 2021 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item View Item