Syaf, Alif Ridwan (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DI SMP N 2 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 Abstrac.pdf Download (500kB) |
|
Text
03 Daftar Isi.pdf Download (387kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (406kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (593kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (651kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (752kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (440kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui kecerdasan emosional, pemahaman nilai-nilai agama Islam, dan perilaku keberagamaan siswa (2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku keberagamaan siswa(3) untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa(4) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field reserch). yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah tetapi didahului semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di SMP N 2 Mejobo Kudus. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 313 siswa, dengan sampel berjumlah 72 siswa. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan sampling purpsive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, kemudian di uji lagi dengan uji statistik menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan emosional dalam kategori baik, yaitu sebesar 72, pemahaman nilai-nilai agama Islam dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 51, perilaku keberagamaan siswa dalam kategori baik, yaitu sebesar 58. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku keberagamaan siswa, dengan menggunakan persamaan regresi 〖rx〗_1 y = 0,471, koefisien determinasi = 22,1%, Ŷ = 31,862 + 0,368 X1, dan Freg = 19,962, maka kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang positif dan cukup signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa, dengan menggunakan persamaan regresi 〖rx〗_2 y = 0,504, koefisien determinasi= 25,4%, Ŷ = 21,714+ 0,717X2, dan Freg = 23,804, maka pemahaman nilai-nilai agama Islam mempunyai hubungan yang positif dan cukup signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan pemahaman nilai-nilai agama Islam terhadap perilaku keberagamaan siswa, dengan menggunakan persamaan regresi 〖rx〗_1 x_2 y = 0,568, koefisien determinasi = 32,2%, Ý= 15,356 + 0,233 X1 + 0,514 X2, dan Freg = 10,236, maka kecerdasan emosional dan pemahaman nilai-nilai agama Islam serta secara stimulan terdapat hubungan yang positif & signifikan terhadap perilaku keberagamaan siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional; Pemahaman Nilai-nilai Agama Islam dan Perilaku Keberagamaan Siswa |
Subjects: | Islam (Umum) > Islam dan Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 05:27 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 05:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/379 |
Actions (login required)
View Item |