Strategi Pengembangan Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Keagamaan Di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus

Sa’diyah, Jamilatus (2020) Strategi Pengembangan Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Keagamaan Di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (734kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan menghidupkan kebenaran yang menjadikan manusia dapat hidup dengan sesama dengan cinta, ikhlas, dan ihsan yang semua itu bermuara pada Ilahi. Pengembangan kecerdasan spiritual sangat dibutuhkan agar siswa memiliki adab dan akhlak yang mulia sehingga siswa mampu hidup bersosialisasi dengan masyarakat ataupun lingkungan sekolah dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman kecerdasan spiritual, aktivitas keagamaan, dan strategi pengembangan kecerdasan spiritual melalui aktivitas keagamaan di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini, peneliti melakukan studi langsung di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Informan penelitian adalah seksi keagamaan dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, tekhnik, dan waktu. Tekhnik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif yaitu reduksi data, model data (display data), dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam pengembangan kecerdasan spiritual di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus yaitu dengan strategi cooperative learning dan strategi berbasis masalah, dengan langkah-langkah : (1) Siswa dibiasakan, diarahkan serta dibimbing untuk selalu menjalankan ibadah-ibadah yang wajib dan sunnah, sehingga hubungannya dengan Sang Maha Pencipta berjalan dengan baik. (2) Para guru berusaha untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para siswa dalam setiap kegiatan. (3) Guru tak pernah bosan untuk selalu memberi motivasi dan contoh-contoh kepada siswa. Melalui pengembangan ini siswa dapat : (1) Memiliki tingkah laku yang sopan yakni siswa bergaul dengan cara yang baik, lebih sopan kepada gurunya dan bersikap baik terhadap temannya. (2) Mampu menghafal asmaul husna, surat-surat pilihan dan adzan. (3) Terbiasa membaca Al-Qur’an dengan fasih. (4) Memicu kesadaran beragama siswa seperti siswa yang sudah tidak malas lagi untuk melaksanakan shalat, tidak membolos, tidak melanggar peraturan sekolah dan tidak terlambat masuk sekolah. (5) Menjalankan sholat 5 waktu dengan tertib dan benr menurut syarat dan rukun shalat. (6) Terbiasa menjalankan shalat dhuha dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Aktivitas Keagamaan, dan Strategi Pengembangan.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia > IQ, EQ, ESQ
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Apr 2021 02:51
Last Modified: 06 Apr 2021 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item