Analisis Keterampilan Penguatan (Reinforcement Skill) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kegiatan Pembelajaran

Nisak, Siti Khoirun (2020) Analisis Keterampilan Penguatan (Reinforcement Skill) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kegiatan Pembelajaran. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (586kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (405kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

Dalam meningkatkan motivasi belajar pada kegiatan pembelajaran, ada salah satu cara yang dapat diterapkan oleh pendidik yaitu dengan memberikan penguatan (reinforcement) yang tepat kepada siswa. Saat ini sebagian besar pendidik kurang memperhatikan dalam mengambil suatu tindakan, karena sekecil apapun tindakan guru akan membawa dampak positif dan negatif kepada siswa. Oleh karena itu, seorang pendidik haruslah bijak dan memikirkan terlebih dahulu dalam mengambil suatu tindakan. Semakin tepat tindakan yang diberikan akan menjadikan siswa termotivasi untuk belajar. Karena dengan belajar akan membawa suatu perubahan pada individu yang melakukannya. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berupa kecakapan, keterampilan, sikap, harga diri, minat, dan penyesuaian diri. Penelitian ini merupakan Penelitian Library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Adapun sifat dari penelitian ini termasuk “Deskriptif Kualitatif”. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah adalah metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer maupun sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan penguatan, guru dapat memberikan penguatan dalam bentuk penguatan verbal dan nonverbal. Penguatan verbal dapat dinyatakan dalam dua bentuk yaitu kata-kata dan kalimat, penguatan nonverbal diungkapkan dalam bentuk penguatan gerak isyarat, penguatan dengan cara mendekati siswa, penguatan dengan sentuhan, penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan, penguatan berupa simbol atau benda. Urgensi (reinforcement skill) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu ketrampilan penguatan dapat memicu tumbuhnya motivasi belajar. Motivasi yang dibangun oleh guru bertujuan untuk memancing konsentarsi siswa dalam belajar. Peserta didik akan aktif dalam kegiatan belajarnya bila ada motivasi, baik itu motivasi ekstrinsik maupun instrinsik. Pemberian motivasi melalui ketrampilan penguatan sangat penting dalam merangsang tumbuhnya keaktifan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Penguatan (Reinforcement Skill), Motivasi Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 07 Apr 2021 01:36
Last Modified: 07 Apr 2021 01:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item View Item