Bashiroh, Sayyidah (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Role Playing Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di RA Islamiyah Purwokerto Tayu Pati Tahun Peajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (956kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (116kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (244kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (114kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (193kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (84kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
Abstract
Perkembangan kemampuan berbicara adalah perkembangan kemampuan megucapkan kata-kata dalam rangka menyampaikan maksud, ide, gagasan, pikiran. Kemampuan berbicara anak usia dini dapat berkembang dengan baik, dapat dilakukan dengan metode role playing yaitu dengan berperan menjadi tokoh, ataupun benda yang ada di sekitar anak. Untuk mewujudkan hasil belajar yang diinginkan sesuai dengan kemampuan berbicara anak usia dini. Dibutuhkan seorang guru yang profesional yang menguasai teori pembelajaran dengan metode yang tepat, disukai oleh anak dan juga dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode role playing. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penggunaan metode role playing di RA Isamiyah Purwokerto Tayu Pati tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui efektivitas metode role playing di RA Islamiyah Purwokerto Tayu Pati tahun pelajaran 2019/2020. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode role playing di RA Islamiyah Purwokerto Tayu Pati tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari data lapangan terhadap rumusan masalah adalah Pertama, penggunaan metode role playing dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Tahap perencanaan dimulai dengan pembuatan RPPH, berkonsultasi pada guru kelas, menyiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Tahap evaluasi dilakukan untuk mengukur perkembangan kemampuan anak. Kedua, efektivitas metode role playing dapat memacu semangat anak dan antusiasme dalam mengikuti pembelajaran. Ketiga, faktor metode role playing media pembelajaran, anak, guru, materi dan lingkungan kelas yang mendukung. Faktor penghambat anak usia dini, orang tua, lingkungan kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran, Kemampuan Berbicara, Metode Role Playing |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 02:36 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 02:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3811 |
Actions (login required)
View Item |