Manajemen Kelembagaan BPPPM NU Banat Kudus dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Guiding Values of Founding Fathers)

Nafisatun, Siti (2020) Manajemen Kelembagaan BPPPM NU Banat Kudus dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Guiding Values of Founding Fathers). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (770kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meneliti guiding values of founding fathers tentang sumber daya manusia baik tenaga pendidik dan kependidikan, (2) Meneliti implementasi kelengkapan sarana dan prasarana, (3) Meneliti tentang pengembangan kurikulum muatan lokal Banat pada pelaksanaan manjemen kelembagaan, (4) Meneliti manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan manajemen kelembagaan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis field research. Informan ditentukan melalui purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan sata, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guiding Values Of Founding Fathers tentang Sumber Daya Manusia (SDM), Tenaga Pendidik, dan Tenaga Kependidikan BPPPM NU Banat Kudus adalah a) Dilihat dari guiding values of founding fathers, bahwa pesan sesepuh yang selalu dipertahankan dalam manajemen pengembangan pendidikan serta mempertahankan kualitas adalah guyub, rukun dan kompak, syukur dan nerima, b) Ditinjau dari prinsip manajemen mengacu pada 14 asas, c) Dilihat dari pola hubungan terdiri dari pola konsultatif, pola koordinatif dan konsolidatif, serta pola instruktif, d) Manajemen sumber daya manusia dimulai dari perekrutan guru dan karyawan sampai dengan upaya peningkatan profesionalisme, (2) Pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan diupayakan secara bertahap yang dimulai dari perencanaan sampai dengan inventarisasi. (3) Pengembangan kurikulum muatan lokal BPPPM NU Banat Kudus dilakukan oleh Seksi Pendidikan dan Pengajaran serta Wakil Kepala Bagian Kurikulum Madrasah/Sekolah NU Banat Kudus. Adapun kurikulum Sekolah NU Banat Kudus terdiri dari KTSP dan K13. (4) Pelaksanaan manajemen kelembagaan BPPPM NU Banat Kudus di Madrasah/Sekolah/Akademi NU Banat Kudus dapat berjalan dengan lancar, untuk mengetahui perkembangan yang ada di masing-masing pengurus dan setiap jenjang pendidikan, untuk mengkomunikasikan segala kegiatan dan penyelesaian terhadap permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelembagaan, BPPPM NU Banat, Mutu Pendidikan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:04
Last Modified: 08 Apr 2021 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item