Pengaruh Self-Regulation Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Peserta Didik Di SMP Alquran Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2019/2020

Shofiana, Iin (2020) Pengaruh Self-Regulation Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Peserta Didik Di SMP Alquran Terpadu (SMPQT) Al Hamidiyah Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (925kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (917kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (728kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa baik self-regulation di SMPQT Al Hamidiyah Margoyoso Kabupaten Pati, (2) seberapa tinggi kemampuan menghafal Alquran peserta didik putri kelas VIII di SMPQT Al Hamidiyah Margoyoso Kabupaten Pati, (3) pengaruh antara self-regulation terhadap kemampuan menghafal Alquran peserta didik di SMPQT Al Hamidiyah Margoyoso Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 peserta didik putri Kelas VIII dengan menggunakan teknik non probability sampling (sampling jenuh). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner, tes lisan, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Self-regulation kelas VIII di SMPQT Al Hamidiyah Margoyoso Kabupaten Pati dalam kategori cukup baik, hal ini dapat dilihat dari hasil analisa yang menunjukkan rata-rata sebesar 68,13 yang termasuk dalam interval 53-68. 2) Kemampuan menghafal Alquran peserta didik dalam kategori cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 25,63 yang termasuk dalam interval 22-28. 3) Terdapat pengaruh cukup signifikan antara self-regulation terhadap kemampuan menghafal Alquran peserta didik di SMPQT Al Hamidiyah Margoyoso Kabupaten Pati. Hal ini dapat dilihat dari Ŷ= a+bX = 2,175+0,344X. Nilai rxy sebesar 0,486 yang termasuk dalam kategori sedang, artinya terdapat hubungan yang positif dan cukup signifikan antara self-regulation dengan kemampuan menghafal Alquran peserta didik. Nilai koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 23,7% yang artinya self-regulation memberikan kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran sebesar 23,7%. Dan didapat nilai Freg lebih besar dari Ftabel (11,183>4,11) juga ditunjukkan dengan nilai SIG sebesar 0,002<0,05 yang artinya signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self-Regulation dan Kemampuan Menghafal Alquran
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:18
Last Modified: 08 Apr 2021 03:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item