Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SD Negeri Dukuhseti 02 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Rifqi, Ahmad (2020) Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SD Negeri Dukuhseti 02 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover-Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (Pdf).pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Di SD Negeri Dukuhseti 02 banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa, maka diterapkan metode Qiro’ati. Tujuan diterapkannya metode Qiro’ati adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an serta untuk mengurangi kesalahan-kesalahan dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SD Negeri Dukuhseti 02 Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang: (1) apa yang dimaksud dengan metode Qiro’ati, (2) Bagaimana metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Negeri Dukuhseti 02, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Negeri Dukuhseti 02. Dalam memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Qiro’ati di SD Negeri Dukuhseti 02 sudah ditata dengan sangat rapi dan terkonsep, sehingga menjadikan pengembangan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Qiro’ati berjalan dengan baik dan lancar, bahkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir kemampuan membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ustadzah yang mengajar Qiro’ati di SD Negeri Dukuhseti 02 sudah bersyahadah semua. Dalam pelaksanaan pembelajaran Qiro’ati di SD Negeri Dukuhseti 02 menggunakan metode Klasikal-Individu dan Klasikal-Baca Simak. Adapun evalusai pengajaran Qiro’ati dilakukan oleh kordinator guru Qiro’ati SD Negeri Dukuhseti 02 setiap pertemuan dengan buku kontrol dan ketika akan naik jilid. Faktor pendukung yang dimiliki adalah sarana dan prasarana yang memadai, semua ustdzahnya bersyahadah, dan adanya komunikasi yang baik antara kepala sekolah dengan guru Qiro’ati. Pada faktor penghambat adalah alokasi waktu pembelajaran yang kurang, sebagian siswa sering tidak membawa buku Qiro’ati dan buku kontrol, dan kemampuan siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiro’ati, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:44
Last Modified: 08 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item