Sapitri, Yeyen Ayuk (2020) Manajemen Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Sarana Prasarana Terbatas untuk Meningkatkan Mutu Hasil Belajar Siswa di MI NU Islamiyah Jetiskapuan Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (354kB) |
|
Text
4. bab I.pdf Download (545kB) |
|
Text
5. bab II.pdf Download (587kB) |
|
Text
6. bab III.pdf Download (383kB) |
|
Text
7. bab IV.pdf Download (576kB) |
|
Text
8. bab v.pdf Download (335kB) |
|
Text
9. daftar pustaka.pdf Download (348kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan. Penelitian ini berusaha menjelaskan temuan di lapangan terkait dengan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran, peran dan strategi kepala sekolah dalam mengelola pemanfaaatan sarana prasarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MI NU Islamiyah Jetiskapuan Jati Kudus. Metode-metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, 5 guru, dan 7 siswa dari kelas IV-VI. Data-data tentang manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam pemanfaatan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu pembelajaran di MI NU Islamiyah Jetiskapuan Jati Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara semi struktur, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan model Miles dan Hubermen penelitian ini berhasil memperoleh tiga penemuan, yaitu: 1) manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu hasil belajar siswa di MI NU Islamiyah Jetiskapuan Jati Kudus dilakukan dengan tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. 2) peran kepala sekolah dalam mengelola pemanfaatan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa di MI NU Islamiyah Jetiskapuan Jati Kudus meliputi pembentukan struktur pengurus, memberikan arahan, memberikan contoh secara langsung cara pemanfaatan sarana prasarana, dan melakukan pengawasan dalam kegiatan pembelajaran. 3) strategi kepala sekolah dalam mengelola pemanfaatan sarana prasarana untuk meningkatkan mutu hasil belajar siswa di MI NU Islamiyah Jetiskapuan Jati Kudus yakni pemanfaatan sarana prasarana disesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku, pemanfaatan sarana prasarana menjadi tanggung jawab bersama antara guru dan siswa, ketersediaan sarana prasarana harus dimanfaatkan secara optimal baik oleh guru maupun siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepemimpinan Demokratis, Kepala Sekolah, Pemanfaatan Sarana Prasarana, dan Mutu Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Gedung dan Bangunan Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 03:55 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 03:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3824 |
Actions (login required)
View Item |