Analisis Strategi Pelayanan Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak

Putriana, Putriana (2019) Analisis Strategi Pelayanan Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (538kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (326kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Tujuan skripsi :(1) Untuk menganalisis bagaimana strategi pelayanan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak. (2) Untuk menganalisis bagaimana loyalitas pelanggan di SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak. (3) Untuk menganalisis kendala-kendala dalam menerapkan strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi Penanggungjawab SPBU, Supervisor, Operator, Pembeli yang memakai jerigen, Supir, pengendara sepeda motor, pengendara mobil. teknik pengambilan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumntasi. Teknik pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling. Teknik penentuan sampling menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian: Pertama, konsep strategi pelayanan SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yaitu dengan strategi pelayanan, strategi takaran, strategi bekerjasama dengan perusahaan lain/mitra, strategi Relationship Marketing, strategi bonus atau rewards dan strategi motivasi karyawan. Kedua, konsep loyalitas pelanggan di SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak yaitu adanya konsistennya para pelanggan untuk membeli setiap harinya secara rutin lebih dari satu kali, pelanggan membeli lebih dari satu produk BBM, pelanggan merekomendasikan untuk merawat fasilitas SPBU untuk kenyamanan pelanggan dan pelanggan yang sudah bertahun-tahun berlangganan tetap membeli rutin meskipun ada SPBU baru yang lebih dekat dari lokasi tempat tinggal mereka lebih memilih membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak. Ketiga, kendala-kendala dalam menerapkan strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan SPBU 44.595.07 Wonoketingal Demak yaitu kerusakan pompa dispenser, malasnya operator menjalankan SOP Petamina Way, kurang efektifnya pemberian bonus kepada pelanggan, antrian pelanggan yang panjang, cuek dan tidak pekanya pelanggan saat dilayani, pelanggan yang tidak sopan kepada operator dan pesaing menawarkan bonus yang lebih menarik pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Loyalitas, Kendala-kendala
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:28
Last Modified: 08 Apr 2021 04:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item