Peran Program Sentra Agama dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam pada Siswa di TK Negeri Pembina Pamotan Rembang

Qoyyimah, Nur (2020) Peran Program Sentra Agama dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam pada Siswa di TK Negeri Pembina Pamotan Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-kata Pengantar.pdf

Download (944kB)
[img] Text
2..Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3.Daftar isi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (619kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (357kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kegiatan sentra agama di TK Negeri Pembina Pamotan Rembang, peran program sentra agama dalam menanamkan pendidikan agama Islam pada siswa, serta faktor-faktor pendukung dang penghambat dalam pelaksanaan program sentra agama dalam menanamkan pendidikan agama Islam pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam orang guru, dan empat orang wali murid. Data-data tentang pelaksanaan program sentra agama dikumpulkan dengan teknik Indept-interview semi terstruktur, observasi campuran (observasi partisipatori dan observasi non-partisipatori), dan menggunakan studi dokumentasi. Setelah peneliti melakukan pengamatan secara langsung dan mengumpulkan data-data secara akurat mengenai program sentra agama kemudian menganalisisnya menggunakan teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing / verification penelitian ini mendapatkan beberapa penemuan antara lain : pertama, program sentra agama merupakan model pembelajaran yang terinspirasi dari pembelajaran sentra. Pelaksanaannya terbagi menjadi tiga tahap yakni : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap praktik. Kedua, peran program sentra agama antara lain : menanamkan rasa iman kepada Allah SWT, membentuk karakter islami anak usia dini, menumbuhkan perilaku religius siswa, membentuk akhlakul karimah siswa, dan menjadikan siswa taat beribadah. Ketiga, faktor-faktor pendorong program sentra agama yaitu : adanya dukungan aktif guru, adanya peran aktif orang tua, dan adanya kesadaran siswa. Sedangkan faktor-faktor pendorong program sentra agama yaitu : tingkat penyampaian materi oleh guru kurang dipahami siswa, beberapa orang tua bersifat pasif terhadap perkembangan anak, adanya sikap acuh dan kurangnya pemahaman siswa, dan kurangnya komunikasi guru dan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Pendidikan Agama Siswa, Program Sentra Agama
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:03
Last Modified: 13 Apr 2021 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item