PENGARUH KONSEP DIRI GURU FIQIH TENTANG PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAAN METODE HABIT FORMING (PEMBIASAAN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Barokah, Barokah (2016) PENGARUH KONSEP DIRI GURU FIQIH TENTANG PEMBELAJARAN DAN PELAKSANAAN METODE HABIT FORMING (PEMBIASAAN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA DI MA FUTUHIYYAH 2 MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4.Bab 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (7MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (244kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Menyadari pentingnya kemampuan psikomotorik peserta didik dalam pendidikan, maka guru perlu memiliki konsep diri yang baik dan menguasai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik peserta didik. Karena dalam pendidikan tidak hanya aspek kognitif dan afektif saja tetapi aspek psikomotorik juga sangat penting khususnya dalam mata pelajaran fiqih hal itu dikarenakan mata pelajaran fiqih banyak yang membutuhkan praktek untuk kehidupan sehari- hari. Objek penelitiannya adalah di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak, tempat ini peneliti jadikan objek penelitian karena peneliti melihat ada beberapa fakta ditempat penelitian yang menunjukkan adanya kesenjangan antara variabel dependen dan independent yang telah peneliti tentukan tersebut, yaitu adanya Pengaruh konsep diri guru tentang pembelajaran danpelaksanaan metode habit forming (pembiasaan) terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri guru Fiqih tentang pembelajaran dan pelaksanaan metode habit forming (pembiasaan) terhadap kemampuan psikomotorik siswa di MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Penelitian skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian korelasi, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerikal atau angka yang diolah dengan metode statistika. Salah satu teknik analisis data penulis menggunakan angket yang disebarkan ke responden untuk mendapat data, yang selanjutnya diolah untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Dan sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah 131 responden dari 210 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri guru Fiqih tentang pembelajaran dan pelaksanaan metode habit forming (pembiasaan) terhadap peningkatan kemampuan psikomotorik siswa termasuk kategori sedang atau cukup, hasil ini dapat dilihat dari hasil nilai korelasi 0,636, apabila dalam penafsiran akan besarnya koefisien korelasi yang umum digunakan terdapat antara 0,41 0,7. Sedangkan nilai hasil koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,4045. Artinya dengan konsep diri guru Fiqih tentang pembelajaran dan pelaksanaan metode habit forming (pembiasaan) terhadap peningkatan kemampuan psikomotorik siswa dengan nilai sebesar 40,45%. Maka hipotesis yang peneliti ajukan benar-benar terdapat pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri Guru Fiqih; Metode Pembiasaan dan Kemampuan Psikomotorik
Subjects: Agama
Fiqih
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:27
Last Modified: 04 Feb 2017 05:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item