Penerapan Metode Ibtida’i Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara Tahun 2019/2020

Rokib, Abdul (2020) Penerapan Metode Ibtida’i Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (745kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Latar belakang metode pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Metode ibtida’i adalah sebuah metode inisiatif dari pengasuh pondok pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara. Metode ini digunakan untuk memudahkan santri dalam membaca dan memahami kitab-kitab kuning yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran fiqih pada kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara. 2) Penerapan metode ibtida’i dalam pembelajaran fiqih pada kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara. 3) Faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode ibtida’i dalam pembelajaran fiqih pada kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan kualitatif. Pendekatannya menggunakan deskriftif kualitatif. Pengumpulan data primer dengan observasi, wawancara dan data skunder menggunakan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran fiqih pada kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara meliputi: pertama membaca syair dan nadhom sesuai dengan tingkatan kelas masing-masing, kedua, menulis arab pegon yaitu dalam mengartikan kata perkata dalam teks kitab kuning secara arti gandul, ketiga, ustadz menyampaikan materi dalam kitab kuning sesuai dengan maksud atau murodnya, keempat, ustadz melaksanakan penilaian. 2) Penerapan metode ibtida’i dalam pembelajaran fiqih pada kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Langon Tahunan Jepara adalah pertama, para santri menulis arab pegon karena itu syarat dapat memahami kitab kuning, menulis arab pegong adalah syarat utama dalam penerapan metode ibtida’i. Kedua, para santri menadhomkan singkatan atau kode yang ada dalam kitab kuning tersebut sesuai dengan syiir yang diinginkan, karena dalam metode ibtida’i sudah ada kode atau singkatan-singkatan dalam kitab dipelajari seperti mudtada’ dan khobar, ketiga, ustadz menerangkan tentang fungsi kitab atau tatacara mempelajari kitab yaitu tentang arab pegon, buku hijau sebagai bukti sorogan santri, dan buku prestasi. Keempat adalah ustadz tanya jawab dengan santri kaitan dengan singkatan atau kode-kode yang ada dalam kitab, serta menanyakan maksud dari materi yang dipelajari tersebut. 3) Faktor pendukung meliputi: pengasuh (kiai), ustadz yang menguasai langkah-langkah penerapan metode ibtida’i, minat dan kemampuan santri yang baik. Kedua faktor penghambat meliputi: minat dan kemampuan santri yang kurang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Ibtida’i, Pembelajaran Kitab Kuning.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Apr 2021 06:32
Last Modified: 13 Apr 2021 06:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item View Item