YUSUF, AHMAD (2020) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Smp Berbasis Pesantren Di Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (274kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (468kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (505kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (856kB) |
|
Text
Bab III.pdf Download (465kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (726kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (270kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (428kB) |
Abstract
Peran penting pendidikan dalam dinamika kehidupan manusia adalah sebagai media transformasi dan aktualisasi nilai pada diri manusia yang kemudian menjadi ruh dalam budaya dan peradaban yang melingkupinya. Begitupun Pendidikan Agama dalam Islam berperan menanamkan nilai-nilai religius kepada anak didik agar berperilaku sesuai dengan ajaran agama. Degradasi moral dan karakter bangsa menjadi tantangan pendidikan.Salah satu langkah memperbaiki pendidikan adalah dengan perubahan kurikulum. Penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian lapangan (Field Research) yang bermaksud melakukan studi yang mendalam mengenai kompetensi pedagogik guru PAI dalam implementasi kurikulum 2013 pada SMP Berbasis Pesantren Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif mengenai status gejala secara kualitatif. Subyek penelitian yang terlibat adalah 3 Kepala Sekolah, Wakil Kepala kurikulum dan 4 Guru PAI SMP Berbasis Pesantren Jepara. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan kerangka berfikir induktif. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi atau penggolongan dan penyajian data sampai pada verifikasi atau kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan uji transferabilitas Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan antara lain: (1) Kompetensi pedagogik guru PAI SMP Berbasis Pesantren Jepara bisa dikatakan cukup baik. Namun masih terdapat beberapa poin aspek yang minim dikuasai terkait dengan aspek-aspek pedagogik sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Agama RI no 16 Tahun 2010. (2) Keseluruhan guru PAI SMP Berbasis Pesantren sudah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan scientific learning namun kesulitan oleh masih rendahnya rasa ingin tahu (curiosity) peserta didik, terbatasnya sumber belajar, dan keterbatasan sarana dan prasarana lainnya. (3) kompetensi pedagogik guru khususnya PAI sangat penting terhadap kelancaran dan keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) kompetensi pedagogik guru PAI sangat penting untuk mampu menginternalisasi nilai ajaran agama Islam pada diri anak didik, (2) Perlu adanya pengembangan dan peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI yang berkelanjutan (3) Implementasi kurikulum 2013 menuntut adanya ketercukupan sarana dan prasarana terutama pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAI, (4) Sangat perlu dilaksanakan pengembangan kompetensi guru dalam hal mengembangkan media pembelajaran ICT agar pembelajaran PAI lebih mendapat perhatian dan mudah dipahami dengan visualisasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pedagogik, guru PAI, implementasi kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 06:15 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 06:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3887 |
Actions (login required)
View Item |