Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Amtsilati Dengan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Qiro’atul Kutub Kelas XI IPA Di MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang

Nurlina, Muslihatun (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Amtsilati Dengan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Qiro’atul Kutub Kelas XI IPA Di MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (712kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (520kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan Metode Amtsilati dan Metode Ceramah pada mata pelajaran Qiro’atul Kutub di MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar afektif siswa menggunakan Metode Amtsilati dan Metode Ceramah pada mata pelajaran Qiro’atul Kutub di MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa menggunakan Metode Amtsilati dan Metode Ceramah pada mata pelajaran Qiro’atul Kutub di MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design dan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu kelas XI IPA I berjumlah 27 siswa dan kelas XI IPA II berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam peneitian ini menggunakan metode tes, observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode amtsilati dengan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan metode ceramah, dimana rata-rata kelas yang diajar menggunakan metode pembelajaran amtsilati lebih tinggi dibanding dengan kelas yang diajar menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yaitu 3,395 > 0,2706, sehingga H_oditolak dan 档_I diterima. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar afektif siswa yang menggunakan metode amtsilati dengan hasil belajar afektif siswa yang menggunakan metode ceramah, dimana rata-rata yang diajar menggunakan metode amtsilati lebih tinggi dibanding dengan kelas yang diajar menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yaitu 8,475 > 0,2706, sehingga H_oditolak dan H_I diterima. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar psikomotorik siswa yang menggunakan metode amtsilati dengan hasil belajar psikomotorik siswa yang menggunakan metode ceramah, dimana rata-rata yang diajar menggunakan metode amtsilati lebih tinggi dibanding dengan kelas yang diajar menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yaitu 10,855 > 0,2706, sehingga H_oditolak dan H_I diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Amtsilati, Metode Ceramah, Hasil Belajar, Qiro’atul Kutub
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:44
Last Modified: 16 Apr 2021 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item