Atiyah, Syarifatul (2020) Transaksi Jual Beli Di Pasar Mijen Jetak Kaliwungu Kudus Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (106kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (267kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (100kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (176kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA IFA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penerapan Etika Bisnis Islam tidaklah mudah bagi para penjual yang belum faham apa arti dan makna transaksi dalam Bisnis Islam itu. Menerapkan cara-cara bertransaksi dalam jual beli yang harus diterapkan sesuai aturan dalam Alquran dan Sunnah, dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan yaitu bagaimana transaksi jual beli oleh pebisnis menurut prinsip-prinsip Etika Bisnis islam serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan factor penghambat terciptanya prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana transaksi jual beli yang selama ini diterapkan di Pasar Mijen Kaliwungu Kudus apakah sudah memenuhi prinsip-prinsip Etika Bisnis islam atau belum dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan factor penghambat terciptanya prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif sehingga memberikan gambaran adanya situasi dan kondisi yang terjadi di pasar Mijen kaliwungu Kudus yang berkaitan dengan transaksi dalam jual beli dalam perspektif etika bisnis Islam. Dengan teknik pengumpulan data metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta uji keabsahan data dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, menyajikan data (data display), conclusion drawing. Penelitian ini menghasilkan bahwa penerapan dalam prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam ini masih membutuhkan kesadaran dalam diri sendiri untuk tetap menjalankan apa yang telah Allah atur dalam Alquran dan sunnah. Para penjual di pasar Mijen telah melakukan transaksi yang baik sesuai dengan konsep JARAS yang mengacu pada fikih Islam. Para penjual melakukan transaksi dengan jujur, amanah, ramah, adil, dan sabar. Factor pendukung terciptanya prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam adalah dalam Kekuatan dan kepercayaan yang dipegang teguh para penjual kepada Allah sang pencipta yang membuat prinsip ini melekat di hati para penjual. Factor penghambat terciptanya Etika Bisnis Islam adalah prinsip tanggung jawab yang dimiliki penjual berbeda-beda, watak bawaan individu, tidak adanya aturan yang mengikat penjual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transaksi Jual Beli dan Prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam, Faktor Pendukung dan Penghambat |
Subjects: | Fiqih > Mu`alamat > Jual Beli Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 02:49 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 02:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
View Item |