Penerapan Budaya Taˊẓīm Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MA NU TBS Kudus Tahun 2019/2020

Ulumi, Muhamad Afham (2020) Penerapan Budaya Taˊẓīm Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MA NU TBS Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (612kB)
[img] Text
4 bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 bab ii.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 bab iii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 bab iv.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 bab v.pdf

Download (704kB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (606kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.) Bagaimana pelaksanaan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA NU TBS Kudus. 2.) Apa saja faktor pendukung dan penghambat (beserta solusi) penerapan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA NU TBS Kudus. 3.) Bagaimana keberhasilan penerapan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA NU TBS Kudus. Penelitian ini memfokuskan pada: 1.) Untuk mengetahui pelaksanaan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA NU TBS Kudus. 2.) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat (beserta solusi) penerapan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA NU TBS Kudus. 3.) Untuk mengetahui keberhasilan penerapan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa Taˊẓīm di MA NU TBS Kudus. Penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan berupa angka. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan siswa Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: 1.) Pelaksanaan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA NU TBS Kudus dilaksanakan oleh semua warga madrasah MA NU TBS Kudus setiap hari, bukan hanya dilaksanakan oleh siswa saja melainkan juga dilaksanakan oleh guru dan karyawan madrasah, kegiatannya antara lain dipagi hari guru menyambut siswa di depan gerbang madrasah untuk bersalaman, di dalam kelas siswa mendengarkan dan memperhatikan ketika guru menyampaikan pelajaran, tidak bertanya ketika guru belum memberi kesempatan untuk bertanya, siswa berjalan menunduk ketika berpapasan dengan guru, siswa tidak mendahului guru ketika berjalan, guru yang masih muda dan karyawan madrasah mencium tangan guru sepuh, dengan adanya sikap-sikap tersebut sikap Taˊẓīm akan benar-benar menjadi sebuah budaya. 2.) Faktor pendukung penerapan budaya Taˊẓīm di MA NU TBS Kudus adalah guru, lingkungan, dan program-program madrasah. sedangkan faktor penghambatnya adalah kesadaran siswa dalam bersikap Taˊẓīm kepada guru, dan kesadaran siswa dalam penggunaan internet. Solusinya dengan cara memberi pembelajaran dan pembiasaan kepada siswa dengan sabar dan dengan membuat peraturan larangan membawa HP di lingkungan madrasah. 3.) Keberhasilan penerapan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di MA NU TBS Kudus, semua warga MA NU TBS Kudus mempunyai sikap Taˊẓīm yang tinggi terutama kepada para guru sepuh, Hal tersebut menandakan mayoritas warga madrasah terutama siswa sudah berhasil menerapkan budaya Taˊẓīm. Selanjutnya, keberhasilan dalam pembentukan akhlakul karimah siswa, Siswa di MA NU TBS Kudus dalam kesehariannya sangat tawadhu’ (rendah hati) kepada para guru, selain itu juga berbudi tinggi baik kepada guru, karyawan madrasah, maupun kepada sesama siswa. Dengan begitu bisa dikatakan akhlakul karimah siswa dapat terbentuk melalui penerapan budaya Taˊẓīm. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan budaya Taˊẓīm sangat berpengaruh dalam pembentukan akhlakul karimah siswa, dengan membudayakan sikap Taˊẓīm di madrasah siswa akan terbiasa bersikap tawadhu’ (rendah hati) dan sopan kepada orang yang lebih tua, lambat laun siswa akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya saat berada di madrasah saja melainkan juga ketika berada di lingkungan masyarakat. Lembaga-lembaga pendidikan lainnya dapat memilih opsi penerapan budaya Taˊẓīm dalam pembentukan akhlakul karimah siswa, karena di MA NU TBS Kudus telah menerapkannya sejak dahulu dan hasilnya cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Budaya Taˊẓīm, Akhlakul Karimah
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:05
Last Modified: 19 Apr 2021 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item View Item