Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pengendalian Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019

Albab, Agus Ulil (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pengendalian Diri Terhadap Kemampuan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (628kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (815kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (769kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI 2) Pengaruh pengendalian diri terhadap kemampuan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI 3) Pengaruh kecerdasan emosional dan pengendalian diri terhadap kemampuan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 199 peserta didik kelas XI SMAN 1 Karanganyar Demak. Analisis data penelitian ini menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan analisis secara parsial yang pertama pengaruh variabel kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman bahwa 1) Nilai R = 0,231 berarti pengaruhnya rendah. 2) Nilai R Square = 0,071 yang berkontribusi 7,1%. Berarti ada variabel yang lain sebesar 92,9%. 3) Nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05 atau nilai t hitung -0,117 < t tabel 1,960. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemahaman tidak signifikan. Hasil analisis parsial yang kedua pengaruh variabel pengendalian diri terhadap kemampuan pemahaman bahwa 1) Nilai R = 0,219 berarti pengaruhnya rendah. 2) Nilai R Square = 0,068 yang berkontribusi 6,8%. Berarti ada variabel lain sebesar 93,2%. 3) Nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 atau nilai t hitung 2,403 > t tabel 1,960. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengaruh pengendalian diri terhadap kemampuan pemahaman signifikan. Hasil analisis secara simultan pengaruh variabel kecerdasan emosional dan pengendalian diri terhadap kemampuan pemahaman bahwa 1) Nilai R = 0,094 berarti pengaruhnya sangat rendah. 2) Nilai R Square = 0,090 yang berkontribusi 9,0%. Berarti ada variabel lain sebesar 91%. 3) Nilai F hitung = 7,098 > F tabel 3,04 dan signifikansi 0,024 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa variabel independen (kecerdasan emosional dan pengendalian diri) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi secara signifikan variabel dependen (kemampuan pemahaman).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Pengendalian Diri, Kemampuan Pemahaman
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia > IQ, EQ, ESQ
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:16
Last Modified: 20 Apr 2021 01:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3924

Actions (login required)

View Item View Item