Manajemen strategi Pengembangan daya Tarik Wisata Ziarah pada Makam Raden Fatah Demak

Faizah, Fitri Nur (2020) Manajemen strategi Pengembangan daya Tarik Wisata Ziarah pada Makam Raden Fatah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (777kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga pokok tujuan sebagai berikut, 1) Mengetahui manajemen strategi pengembangan daya tarik wisata ziarah pada makam Raden Fatah Demak, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan daya tarik wisata ziarah pada makam Raden Fatah Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sumber datanya adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi dan juga tekni sampling informan penentuan informan dengan purposive sampling, jumlah informan ada 9, adapun informannya yaitu; pimpinan, pengurus umum, dinas pariwisata Kabupaten Demak, pengunjung, pedagang, dan masyarakat sekitar wisata ziarah makam Raden Fatah Demak. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan refferensi, mengadakan membecheck. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, data reduction ( reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategi pengembangan daya tarik wisata ziarah pada makam Raden Fatah Demak dilakukan dengan beberapa tahapan; a. Perumusan strategi, perumusan strategi yang dilakukan yaitu dengan menganalisis kekuatan (Strength), kelemahan (Weaknes), peluang (Opportunity) dan ancaman (threat), b. Perencanaan strategi yang dilakukan yaitu meliputi ruang lingkup (scape), pengarahan sumber daya (resource deployments, keungulan kompetitif (competitive Advantages), sinergi, c. Pengimplementasian strategi meliputi pengembangan 4A (atraction, akccesbility, amenity, ancillary), d. Evaluasi evaluasi yang dilakukan yaitu dengan menetapkan standar, mengukur kinerja, memperbaiki penyimpangan yang telah dilakukan dan hasil dari tahapan yang telah dilakukan yaitu meningkatnya daya tarik wisata ziarah makam Raden Fatah Demak sebagai wisata ziarah yang aman nyaman dan tentram yang dilengkapi dengan bangunan-bangunan pendukung seperti musium, perpustakaan, penginapan, tempat oleh-oleh PUJASERA (pusat jajanan serba ada) dan sarana prasarana yang dibutuhkan pengunjung. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan daya tarik wisata ziarah pada makam Raden Fatah Demak yaitu: 1. Faktor pendukung dalam mengembangkan daya tarik wisata ziarah makam Raden Fatah Demak adalah sebagai berikut; adanya obyek yang menarik untuk dikembangkan, sumber dana yang memadahi dari kotak sodaqoh pengunjung, antusias beberapa media masa, letak makam yang strategis, dukungan dan antusias masyarakat, 2. Faktor penghambat dalam mengembangkan daya tarik wisata ziarah makam Raden Fatah Demak yaitu; birokrasi terlalu lama, kurang ramahnya pengemudi transportasi wisata, letak tempat parkir bus besar yang letaknya jauh dari lokasi wisata ziarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi, pengembangan daya tarik, wisata ziarah.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:16
Last Modified: 23 Apr 2021 04:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3973

Actions (login required)

View Item View Item