Nurrohim, Taufiq (2020) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Pendekatan Saintifik di Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Desa Banyuurip Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (600kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (627kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (477kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (330kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar dari masalah pada kurangnya karakter religius siswa, hal inilah yang mendasari peneliti melakukan penelitian dengan judul Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Desa Banyuurip Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan; 1) bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius melalui pendekatan saintifik pada siswa di MA Nurul Hikmah Banyuurip Margorejo Pati, 2) apa saja faktor pendukung serta penghambat peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius melalui pendekatan saintifik pada siswa di MA Nurul Hikmah Banyuurip Margorejo Pati, dan 3) bagaimana keberhasilan peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui pendekatan saintifik pada siswa MA Nurul Hikmah desa Banyuurip Margorejo Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari data. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru akidah akhlak dan beberapa peserta didik di MA Nurul Hikmah dengan menggunakan teknik analisis data melalui beberapa langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius melalui pendekatan saintifik pada siswa Madrasah Aliyah Nurul Hikmah Banyuurip Margorejo Pati yaitu guru sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai penasihat, guru sebagai fasilitator, dan guru sebagai motivator. (2) Faktor pendukung peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius melalui pendekatan saintifik adalah keteladanan guru dan kemanfaatan teknologi. sedangkan faktor penghambat peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius melalui pendekatan saintifik adalah dari individu siswa dan lingkungan sosial yang buruk. (3) keberhasilan peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius melalui pendekatan saintifik pada siswa MA Nurul Hikmah yakni bisa dikatakan guru berperan dalam pembentukan karakter religius.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Karakter religius, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 06:58 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 06:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3979 |
Actions (login required)
View Item |