Penyisipan Kisah Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Aqidatul Awam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa MTs Nurul Hikmah Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurrohman, Taufiq (2020) Penyisipan Kisah Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Aqidatul Awam Untuk Membentuk Karakter Religius Siswa MTs Nurul Hikmah Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (495kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (382kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dibuat untuk (1) mengetahui bagaimana proses pembelajaran muatan lokal dengan kitab Aqidatul Awam. (2) mengetahui bagaimana penyisipan kisah dalam pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awam untuk membentuk karakter religius siswa. (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penyisipan kisah dalam pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awam untuk membentuk karakter religius siswa di MTs Nurul Hikmah Margorejo Pati. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang didapat melalui sumber data primer yaitu guru muatan lokal, wakakurikulum, dan peserta didik. Sedangkan pada sumber data sekunder menggunakan buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi terkait di lembaga pendidikan MTs Nurul Hikmah Margorejo Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awam di MTs Nurul Hikmah Margorejo Pati dilakukan dengan beberapa yakni tahap pendahuluan dimulai dari ucapan salam dan berdoa bersama, tahap pelaksanaan dengan menyairkan nadhom dan menerangkan materi tentang rukun iman dengan metode kisah, kemudian dilakukan tahap evaluasi untuk mengetahui pemahaman materi yang disampaikan, dan dilakukan tahap tindak lanjut untuk siswa setelah adanya evaluasi. (2) adapun penyisipan kisah dilakukan saat pelaksanaan, dimulai dari menentukan tujuan cerita, dan menyesuaikan jenis cerita, lalu memberikan penggambaran pada tokoh yang diceritakan sehingga dapat menginspirasi bagi peserta didik. (3) Adapun faktor pendukung penyisipan kisah dalam pembelajaran muatan lokal kitab Aqidatul Awam antara lain motivasi siswa, kompetensi guru, sarana prasarana, dan dukungan orang tua. Sedangakan faktor penghambatnya antara lain, tidak adanya RPP, lingkungan sosial yang buruk, dan kebiasaan buruk siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Kisah, Pembelajaran Aqidatul Awam, Karakter Religius
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Apr 2021 07:04
Last Modified: 23 Apr 2021 07:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item View Item