Efektivitas Pembelejaran Tajwid dan Musyafahah Dalam Meningkatkan Ketartilan Membaca Al Qur’an Di MTs Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Sari, Vivin Fitriana (2020) Efektivitas Pembelejaran Tajwid dan Musyafahah Dalam Meningkatkan Ketartilan Membaca Al Qur’an Di MTs Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (998kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (504kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (786kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tajwid dan musyafahah dalam meningkatkan ketartilan membaca al Qur’an di MTs Qudsiyyah Kudus(2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tajwid dan musyafahah dalam meningkatkan ketartilan membaca al Qur’an di MTs Qudsiyyah Kudus (3) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tajwid dan musyafahah dalam meningkatkan ketartilan membaca al Qur’an di MTs Qudsiyyah Kudus. Pendekatan yang digunakan ini adalah pendekatan “kualitatif” karena dalam penelitian ini tidak mengadakan perhitungan, penelitian alamiah, etnografi, interaksi simbolik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan tes. Keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan vertifikasi data. Adapun pelaksanaan pembelajarannya adalah guru menyuruh siswa untuk membaca materi, kemudian guru menjelaskan kepada siswa isi materi selanjutnya mengadakan evaluasi dan menggunakan prinsip agar siswa belajar aktif dalam pelajaran tajwid dan musyafahah. Faktor pendukung mata pelajaran ini adalah fasilitas sarana prasarana yang disediakan madrasah telah memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang kurang. Efektivitas dalam mata pelajaran ini guru yang efektif yaitu guru mengetahui seberapa jauh target kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, intensif dan waktu dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran Tajwid Dan Musyafahah, Meningkatkan Ketartilan Membaca Al Qur’an.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:14
Last Modified: 26 Apr 2021 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item