Analisis Pelaksanaan Program Pembelajaran Tahfiẓ Al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus

Yusniawati, Yusniawati (2020) Analisis Pelaksanaan Program Pembelajaran Tahfiẓ Al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (800kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (918kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan program pembelajaran tahfiẓ di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus, 2) jenis komponen pelaksanaan program pembelajaran tahfiẓ di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus, dan 3) analisis pelaksanaan program pembelajaran tahfiẓ di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus, 4) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tahfiẓ di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif interaktif yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclusion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program pembelajaran tahfiẓ al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus dimulai sejak tahun 2015 dengan Bapak Abdul Rozaq sebagai penanggung jawabnya. Pembelajaran tahfiẓ dilaksanakan setiap hari kecuali hari Jum’at dengan alokasi waktu 5 jam pelajaran setiap harinya. (2) Jenis komponen pelaksanaan program pembelajaran tahfiẓ al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah meliputi: target hafalan al-Qur’an adalah 5 juz per tahun; materi yang dihafalkan adalah 30 juz; metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfiẓ adalah talaqqi, tahfiẓ, bin naẓar, takrir,dan tasmi’; evaluasi yang dilaksanakan dalam pembelajaran tahfiẓ adalah evaluasi harian; calon guru dan siswa tahfiẓ harus melewati tes penjaringan awal; Sarana prasarana yang disediakan madrasah cukup lengkap dan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pembelajaran tahfiẓ di MTs NU Al Hidayah; dana untuk penyelenggaraan program tahfiẓ berasal dari siswa yaitu SPP; (3) Analisis pelaksanaan program pembelajaran tahfiẓ al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus termasuk efektif dan efisien, karena semua komponen berjalan dengan baik dan didukung manajemen madrasah yang baik; (4) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program tahfiẓ di MTs NU Al Hidayah Gebog Kudus adalah dukungan keluarga dan masyarakat, manajemen waktu yang baik, kondisi tempat menghafal, kegiatan lain pendukung program tahfiẓ, dan bekal awal hafalan siswa; sedangkan faktor penghambatnya adalah kesehatan, kecerdasan siswa, kebijakan madrasah (penjaringan input dan kebolehan berpindah program), dan faktor dari luar peserta didik yaitu kondisi lingkungan sosial (kondisi keluarga, lingkungan pergaulan, gangguan-gangguan di rumah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis pelaksanaan; program pembelajaran; tahfiẓ al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:17
Last Modified: 26 Apr 2021 03:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item