Pelaksanaan Metode Pembiasaan Melalui Program Shalat Dzuhur Berjamaah Dalam Membentuk Moral Siswa Di MTs Miftahul Huda Tayu

Muamaroh, Muamaroh (2020) Pelaksanaan Metode Pembiasaan Melalui Program Shalat Dzuhur Berjamaah Dalam Membentuk Moral Siswa Di MTs Miftahul Huda Tayu. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (922kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa banyak peserta didik yang ketika dirumah jarang sekali memperhatikan shalatnya, apalagi shalat dzuhur. Selain faktor malas, mereka juga lebih mengedepankan bermainnya daripada sholatnya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan melalui program shalat dzuhur berjamaah dalam membentuk moral siswa MTs Miftahul Huda Tayu, (2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan metode pembiasaan melalui program shalat dzuhur berjamaah dalam membentuk moral siswa MTs Miftahul Huda Tayu. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 3 orang guru yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan dan Koordinator program pembiasaan, serta perwakilan peserta didik kelas VII-IX. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan metode pembiasaan melalui program shalat dzuhur berjamaah dalam membentuk moral siswa di MTs Miftahul Huda Tayu pelaksanaan shalat dzuhur berjamaahnyaterpantau langsung oleh bapak dan ibu guru MTs Miftahul Huda Tayu, dengan tujuan agar peserta didik dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan tertib. Bagi para peserta didik yang melanggar atau tidak mengikuti program tersebut, maka akan dikenai sanksi yaitu dengan melaksanakan shalat seketika itu juga dihadapan bapak dan ibu guru, serta menghafal surat-surat pendek. (2). Faktor pendorong dan penghambat Pelaksanaan metode pembiasaan melalui program shalat dzuhur berjamaah dalam membentuk moral siswa di MTs Miftahul Huda yaitu adanya faktor dalam diri peserta didik itu sendiri, seperti kesadaran diri peserta didik untuk selalu melaksanakan program shalat dzuhur berjamaah. Faktor lingkungan madrasah, seperti bapak dan ibu guru MTs Miftahul Huda Tayu sangat berperan dalam pelaksanaan program tersebut. Faktor lingkungan keluarga, seperti banyak keluarga yang kurang memperhatikan putra-putrinya ketika dirumah untuk melaksanakan ibadah shalat. Faktor alam, seperti adanya hujan dan juga kekeringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Shalat Dzuhur Berjamaah, dan Pembentukan Moral.
Subjects: Fiqih > Ibadah > Shalat
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Apr 2021 06:06
Last Modified: 27 Apr 2021 06:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item