Mu’alimah, Siti (2020) Pemanfaatan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Dan Menulis Huruf Hijaiyyah Pada Anak Usia Dini Di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (244kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (532kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (716kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (231kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (569kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (342kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni suatu kegiatan penelitian dimana unsur-unsur seperti pengumpulan datanya dilakukan di lapangan yang menjadi obyek dari penelitian. Fokus dalam penelitian ini adalah pembelajaran di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan 1. Pemanfaatan kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal dan menulis huruf hijaiyyah pada anak usia dini di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus (a) Mengenal Huruf Hijaiyyah, yang meliputi: Menulis Huruf Hijaiyyah. Ketepatan dalam penulisan huruf hijaiyyah. (b) Menguasai Huruf Hijaiyyah, yang meliputi: Dapat melafalkan huruf hijaiyyah. Kelancaran dalam membaca huruf hijaiyyah. Dapat menghafal huruf hijaiyyah. (c) Memahami Huruf Hijaiyyah, yang meliputi: Dapat memahami /kata dari huruf hijaiyyah. Dapat mengucapkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar. Dapat menghafal urut-urutan huruf hijaiyyah. 2. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemanfaatan kartu huruf arab untuk meningkatkan kemampuan mengenal dan menulis huruf hijaiyyah pada anak usia dini di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus Melalui media kartu huruf Hijaiyyah, anak memperoleh pengalaman belajar yang baik dan menyenangkan dalam belajar membaca tingkat dasar. Melalui media huruf dapat menyajikan pesan-pesan pendek pada setiap kartu yang disajikan seperti : tulisan huruf hijaiyah yang ada didalam kartu memudahkan anak untuk mengingat pada bentuk-bentuk huruf hijaiyah. Kemampuan anak dalam peningkatan kemampuan mengenal dan menulis huruf hijaiyyah pada anak usia dini di RA Sabilul Khoirot Jojo Mejobo Kudus menjadikan Suasana belajar kurang kondusif. Namuan secara keseluruhan metode ini sangat bermanfaat bagi anak sebagai modal pengenalan awal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Kartu Huruf, Kemampuan Mengenal Dan Menulis, Anak Usia Dini |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 06:35 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 06:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4010 |
Actions (login required)
View Item |