Peran Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Generasi Berkarakter Religius Di Pondok Pesantren Darussa’adah Jekulo Kudus

Rofiqoh, Ana Dewi (2020) Peran Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Generasi Berkarakter Religius Di Pondok Pesantren Darussa’adah Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (728kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (733kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (493kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi adanya konsep pembelajaran dengan lebih menekankan ajaran salaf dalam membentuk karakter religius santri yang dimudahkan melalui pengaplikasian media elektronik sebagai penopang kemudahan dan percepatan penguasaan pengetahuan. Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk : (1) mengetahui penanaman karakter religius santri Pondok Pesantren Darussa’adah Jekulo Kudus. (2) mengetahui dampak dari penanaman karakter religius pada santri Pondok Pesantren Darussa’adah Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi lapangan dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji creadibility perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekukan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Adapun tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pembahasan dan pemaparan analisis yang dilakukan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penanaman Karakter Religius di Pondok Pesantren Darusa’adah, ditunjukkan melalui pembelajaran kitab At Tibyan Fiadabi Hamalatil Qur’an dengan metode sorogan, kitab ini sebagai pijakan santri dalam beradab sesuai yang di contohkan Rasulullah SAW. Metode dalam pembelajarannya menggunakan suri tauladan, bil lisan, penerapan akhlakul kharimah atau lebih disebut dengan uswah hasanah dari segala yang diajarkan Nabi. Dengan bentuk penanaman karakter religius melalui pengajaran, keteladanan, pembiasaan, pemotivasian, serta penegakan aturan dengan dipadukan penggunaan media elektronik dalam pengaplikasian pembelajarannya tanpa terlepas dari bimbingan seorang pengasuh pondok pesantren. Disisi lain teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh pesantren dan dapat digunakan sebagai media informasi dalam konteks dakwah bil hikmah wal mauidhoh serta amar ma’ruf nahi munkar serta penopang kemudahan dan percepatan penguasaan pengetahuan. (2) Dampak dari Penanaman Karakter Religius Pada Santri Pondok Pesantren Darusa’adah, ditunjukan bahwa karakter santri sesuai dengan nilai-nilai agama dan mencerminkan pada karakter religius. Dimulai dari kegiatan melakukan sholat fardhu tepat waktu, melakukan puasa sunnah Senin dan Kamis, takrir hafalan, setor hafalan, pengajian kitab kuning, istighosah serta berjanji. Penanaman karakter di Pondok Pesantren Darussa’adah yang dimudahkan melalui media elektronik dalam pengaplikasian pembelajarannya santri semakin melek akan teknologi begitupun karakter religius santri yang muncul semakin bagus, santri lebih aktif melakukan kegiatan pengkajian kitab melalui media elektronik. Karena seluruh kegiatan yang dilakukan di pondok pesantren pada dasarnya memang untuk membentuk karakter santri, dibuktikan bahwa pondok pesantren adalah tempat terbaik yang mewujudkan manusia terbaik/ khoiro ummah seimbang antara dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan pesantren, penanaman karakter religius
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:00
Last Modified: 28 Apr 2021 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item View Item