ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ ( ECONOMICAL ORDER QUANTITY) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada Pabrik Rokok Hendra Jaya Kudus)

Setiawan, Agus (2016) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ ( ECONOMICAL ORDER QUANTITY) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PERUSAHAAN ( Studi Kasus Pada Pabrik Rokok Hendra Jaya Kudus). Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pabrik Rokok Hendra Jaya merupakan badan usaha industri yang bergerak di bidang produksi rokok kretek di kota Kudus. Pemasaran Pabrik Rokok Hendra Jaya dilakukan diluar kota Kudus seperti Jawa Barat dan Lampung. Pabrik Rokok Hendra Jaya merupakan badan usaha industri yang bergerak di bidang produksi rokok kretek di kota Kudus. Pabrik Hendra Jaya berlokasi di jalan KH. Turaikhan adjhuri no. 82 Desa Langgar Dalem Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian field research, yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif/study lapangan. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk mengetahui sistem persediaan bahan baku di pabrik Hendra Jaya Kudus dan mengetahui Implementasi Metode EOQ ( Economical Order Quantity) dalam meningkatkan efisiensi produktifitas perusahaan di pabrik Hendra Jaya Kudus. Hasil penelitian ini menunjukan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengelolaan bahan baku dengan metode EOQ ( Economical Order Quantity) dapat efisien. Faktor yang mementukan efisiennya adalah kebutuhan pasar, jumlah dana yang dimiliki perusahaan, ketersediaan gudang dan suplyaer. Sedangkan pemesanan paling ekonomis untuk tembakau Madura adalah 4.886 kg dengan pemesanan sebanyak 6 kali dengan selisih biaya pemesanan Rp. 8.340.000 . Untuk tembakau Weleri adalah 3.102 kg dengan pemesanan 6 kali dengan selisih biaya pemesanan Rp. 3.724.000. Tembakau Bojonegoro adalah 2.930 kg dengan 5 kali dengan selisih biaya pemesanan Rp. 4.036.000. Untuk Meranggen sebayak 2.647 kg dengan pemesanan sebayak 3 kali dan selisih biaya pemesanan Rp. 1.646.000. Sedangkan untuk tembakau dari temanggung sebanyak 1.498 kg untuk pemesanan 2 kali dalam satu tahun dan selisih biaya pemesanan Rp. 962.000

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Operasi; Pengendalian Persediaan; EOQ (Economical Order Quantity)
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Produksi dan Industri
Divisions: Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 02:42
Last Modified: 05 Feb 2017 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item