A’la, Hidayatil (2019) Efektivitas Program Baca Tulis Qur’an (BTQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (926kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
|
Text
03. BAGIAN DEPAN.pdf Download (213kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (331kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (718kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (638kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (681kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui program Baca Tulis Qur’an (BTQ) yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2019/2020, (2) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar yang dapat mempengaruhi tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2019/2020, (3) untuk mengetahui adanya efektivitas program Baca Tulis Qur’an (BTQ) dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mencari data di lapangan yang menjadi objek penelitian. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitaif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus, dengan jumlah sampel 41 responden. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu metode regresi linier berganda. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2019/2020 dimana diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (2.127 > 1.686) dan nilai sig 0,040 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti program BTQ berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. (2) Tingkat motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2019/2020 dimana diperoleh nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (2.162 > 1.686) dan nilai sig 0,037 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti motivasi belajar mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. (3) adanya efektivitas program Baca Tulis Qur’an (BTQ) dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2019/2020 dimana diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (25,853 > 3,24) dan nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Nurul Huda Kudus tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program BTQ, Motivasi Belajar, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 02:47 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4032 |
Actions (login required)
View Item |