Strategi Random Text dalam Melatih Kemampuan Menghafal Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di MI Safinatul Huda Jepara

Nisya’, Zulie Khoirun (2020) Strategi Random Text dalam Melatih Kemampuan Menghafal Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di MI Safinatul Huda Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (681kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (620kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Alasan penelitian ini yaitu peserta didik masih susah diajak untuk menghafal dan memiliki kemampuan menghafal yang rendah, sehingga dapat menyebabkan cepat lupa dengan hafalannya. Oleh karena itu strategi random text ditawarkan untuk mengatasinya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana cara melatih kemampuan menghafal peserta didik kelas V dengan strategi random text pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MI Safinatul Huda Jepara? dan 2) Bagaimana dampak dari pelaksanaan strategi random text pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MI Safinatul Huda Jepara? Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif pada kelas V A MI safinatul Huda Jepara. Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi pada pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan menggunakan strategi random text, metode wawancara dengan kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran al-Qur’an Hadits, dan peserta didik kelas V A, dan metode dokumentasi berupa RPP al-Qur’an Hadits kelas V dan data profil MI Safinatul Huda Jepara. Metode analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, reduksi data meliputi rangkuman hal-hal pokok dalam penelitian yaitu tentang penerapan strategi random text yang berupa interaksi belajar peserta didik, keaktifan belajar, dan kemampuan menghafal, penyajian data yang bersangkutan dalam reduksi data, dan menjawab rumusan masalah penelitian ini sebagai penarikan kesimpulan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi random text dapat melatih kemampuan menghafal peserta didik melalui beberapa cara, yaitu guru menjelaskan materi, peserta didik memahami dan menghafalkan suatu dalil sesuai materi, peserta didik dibentuk kelompok dan diberi media potongan kartu, peserta didik bersama kelompoknya menyusun potongan media kartu. Dengan demikian, pelaksanaan strategi random text sangat tepat digunakan untuk melatih kemampuan menghafal peserta didik. 2) Dampak positif ketika pelaksanaan strategi random text berlangsung yaitu peserta didik bersemangat dalam menghafal, aktif dalam belajar, serta dapat bekerjasama antar peserta didik, dan dampak negatifnya yaitu kelas cenderung ramai dan gaduh karena setiap peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Random Text, Kemampuan Menghafal, al-Qur’an Hadits
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:37
Last Modified: 29 Apr 2021 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item