Huda, Solikhul (2020) Menumbuhkan Nilai-Nilai Islam Melalui Kegiatan Ziarah Rutin Ke Makam Sunan Muria pada Siswa Kelas XI di MA NU Raden Umar Sa‟id, Colo, Dawe, Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (836kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (873kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah field research (Penelitian Lapangan) yang mencoba mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ziarah rutin ke makam Sunan Muria di MA NU Raden Umar Sa‟id, upaya menumbuhkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan tersebut pada siswa kelas XI, serta faktor pendukung dan faktor penghambat upaya menumbuhkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena secara mendalam, holistic (menyeluruh) dan naturalistik (alamiah). Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru, serta 8 siswa kelas XI 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan pada tahun pelajaran 2019/2020. Data-data tentang kegiatan ziarah rutin ke makam Sunan Muria dikumpulkan dengan teknik wawancara semi tersruktur (semi structure interview), observasi campuran (observasi partisipatori dan observasi non-partisipatori) dan studi dokumentasi. Setelah peneliti terjun langsung di lapangan dan mengumpulkan data-data secara akurat serta menganalisisnya menggunakan teknik analisis reflektif, penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Pelaksanaan Kegiatan ziarah rutin ke makam Sunan Muria terbagi dalam tiga tahapan pelaksanaan yaitu: Tahap awalan kegiatan, Tahap inti kegiatan, dan Tahap akhir kegiatan. 2) Upaya untuk menumbuhkan nilai-nilai Islam melalui kegiatan tersebut, pihak guru mengunakan beberapa pendekatan yaitu: melalui keteladanan guru, melalui bimbingan langsung dan tausiyah, melalui tanya jawab spontan, melalui pemberian tata aturan serta melalui hukuman. 3) Faktor pendukung kegaitan tersebut yaitu: motivasi siswa dan guru, kedisiplinan siswa selama kegiatan, tanggung jawab guru selama kegiatan, faktor alam dan cuaca. Adapun faktor penghambatnya yaitu: faktor jarak dan waktu, kurangnya kepatuhan siswa selama kegiatan, kurangnya keikutsertaan guru dalam kegiatan, serta faktor alam dan cuaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Islam, Ziarah Makam, Sunan Muria |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 02:12 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |