Implementasi Metode SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MA Nurul Huda Medini Demak Tahun pelajaran 2019-2020

Syafi’, Ahmad Thoha (2020) Implementasi Metode SAVI (Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di MA Nurul Huda Medini Demak Tahun pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (929kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (619kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (431kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi metode SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Nurul Huda Medini Demak. 2) Untuk mengetahui hasil belajar dari implementasi metode SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Nurul Huda Medini Demak.Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Nurul Huda Medini Demak. 3) .Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari implementasi metode SAVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA Nurul Huda Medini Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobality sampling. Penentuannya menggunakan teknik purpose sampling, jumlah informan ada 4, yaitu; Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran fikih, dan Siswa. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji credibility, uji dependability, dan uji confirmability. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, data reduction, data display, dan verification. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi metode SAVI di MA Nurul Huda Medini Demak, yaitu: a. Mengatasi kejenuhan dan kemonotonan dalam pembelajaran, b. mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. (2) Hasil belajar peserta didik di MA Nurul Huda Medini Demak, yaitu: a. Hasil belajar meningkat, b. Siswa aktif dalam pembelajaran. (3) Faktor- faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukung yaitu: a. peran guru, b. individu siswa, c. sarana prasarana. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu: a. individu siswa, b. waktu. Metode SAVI mempunyai kelebihan dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi aktif, menyenangkan, mengasyikan, efisien dan efektif, dapat melatih mental siswa dan juga dapat membuat peserta didik menjadi kreatif. Dan untuk kekurangan diantaranya, membutuhkan waktu yang lama, tingkat kerja keras guru dibutuhkan dalam menghandle setiap kegiatan belajar mengajar, rawan kegaduhan dan harus menyeluruh dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode SAVI, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:58
Last Modified: 30 Apr 2021 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item