Analisis Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pembelajaran 2019/2020

Tuti, Maifanti Heriyas (2020) Analisis Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (537kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (572kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (502kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research),dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kompetensi kepribadian guru Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) kelas IV, (2) mengetahui peran kompetensi kepribadian guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn kelas IV. Subjek penelitian ini terdiri dari guru Pembelajaran PPKn, siswa kelas IV, waka kurikulum, guru kelas, dan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan membercheck. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, data display dan verification. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, diperoleh bahwa kompetensi kepribadian guru dapat membentuk karakter siswa melalui Pembelajaran PPKn. Temuan tersebut diantaranya: 1) Kompetensi kepribadian guru PPKn kelas IV sudah memenuhi indikator kompetensi kepribadian. Adapun indikator kompetensi kepribadian guru yaitu bertindak sesuai norma agama, hukum, dan sosial. Memiliki pribadi yang jujur, akhlak mulia dan teladan. Mantap, stabil, dan dewasa. Memiliki etos kerja, tanggung jawab dan rasa bangga menjadi guru. Serta menjunjung tinggi kode etik profesi guru. Terbukti guru pembelajaran PPKn dapat membimbing dan mengarahkan siswa di dalam maupun diluar kelas. guru pembelajaran PPKn tidak membeda-bedakan siswa berdasarkan status sosial, datang tepat waktu ketika mendapat jadwal piket dan berpakaian rapi. Guru pembelajaran PPKn disegani oleh siswa dan dapat menyelesaikan konflik antar siswa. Guru pembelajaran PPKn memiliki etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, serta dapat menerapkan dan berperilaku sesuai dengan kode etik profesi guru. 2) Kompetensi kepribadian guru sangat berperan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn kelas IV, karena dengan adanya kompetensi kepribadian guru yang baik, pendidikan karakter akan mudah diimplementasikan, maka tujuan pendidikan karakter yang sesuai dengan KI dan KD pada Pembelajaran PPKn Kelas IV Tema 1 Subtema 1, yaitu siswa memiliki karakter religius, toleransi, cinta tanah air, disiplin, tanggung jawab, peduli sosial, dan bersahabat serta komunikatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi kepribadian, pendidikan karakter, pembelajaran PPKn
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 May 2021 02:47
Last Modified: 05 May 2021 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item